Komjak Panggil Kajari Jaksel soal Skandal Soto Betawi

Erfan Maaruf, iNews · Senin 19 Oktober 2020 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2296129 komjak-panggil-kajari-jaksel-soal-skandal-soto-betawi-3lZkRQiJz4.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Komisi Kejaksaan (Komjak) melayangkan surat panggilan pemeriksaan ke Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan Anang Supriyatna. Panggilan untuk meminta klarifikasi soal informasi atas jamuan makan siang Irjen Napoleon Bonaparte dan Brigjen Prasetijo usai dilimpahkan oleh penyidik Bareskrim Polri pada Jumat 16 Oktober 2020.

“Hari ini (kita layangkan surat), karena kita baru putuskan tadi dalam rapat. Supaya cepat, kami akan minta keterangan tertulis dulu,” kata Ketua Komisi Kejaksaan (Komjak), Barita Simanjuntak saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (19/10/2020).

Panggilan ini merupakan respons cepat Komjak terkait informasi yang menjadi polemik di masyarakat terkait jamuan tersebut. “Kita akan minta keterangan dan penjelasan dari yang bersangkutan supaya jelas. Dari situ kita tanyakan bagaimana penanganannya sampai ada tanggapan dari berbagai pihak seperti itu, kita akan tanyakan,” tambah Barita.

Baca Juga: Viral! Foto Irjen Napoleon dan Brigjen Prasetijo Nikmati Hidangan dari Kejari Jaksel 

Pihaknya akan mendalami informasi yang beredar agar permasalahan ini menjadi terang. Selain itu, mencegah adanya asumsi liar dalam peristiwa tersebut.

“Kita minta penjelasan apa peristiwanya, mengapa demikian, di mana, kapan, dan apa benar. Jadi kita tidak berasumsi, mendengar dulu penjelasannya baru kita kaitkan dengan ketentuan-ketentuannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kejari Jakarta Selatan memberikan jamuan berupa makan siang berupa Soto Betawi dalam prosesi penyerahan tersangka dan barang bukti atau pelimpahan tahap II pada Jumat, 16 Oktober 2020. Kedua jenderal yang telah ditetapkan tersangka tersebut juga masih mengenakan baju dinas kepolisan.

Baca Juga: Kenakan Rompi Tahanan, Irjen Napoleon: Kita Buka Semuanya Nanti

Kuasa Hukum Napoleon Bonaparte, Petrus Bala Pattyona menuturkan, jamuan yang diberikan Kepala Kejari Jakarta Selatan itu diberikan setelah melakukan Sholat Jumat berjamaah. “Itu acara P21 Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte di Kejaksaan Jaksel lalu, pas makan siang sesudah Sholat Jumat kita dikasih Soto Betawi," kata Petrus.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini