Doni Monardo Ajak Masyarakat Cegah Kasus Covid-19 saat Libur Panjang

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 19 Oktober 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2296002 doni-monardo-ajak-masyarakat-cegah-kasus-covid-19-saat-libur-panjang-WDv7NiDXXw.jpg Foto: Setkab

JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengajak masyarakat untuk mencegah lonjakan kasus selama libur panjang pada akhir Oktober 2020 mendatang.

(Baca juga: Presiden Jokowi Harap Libur Panjang Oktober Tak Berdampak Kenaikan Kasus Corona)

Doni mengatakan, Presiden Jokowi telah menyampaikan kekhawatirannya soal adanya potensi lonjakan kasus Covid-19 tersebut.

(Baca juga: Undang 3 Pakar, Pansus Banjir Sebut DKI Belum Miliki Masterplan Pengendalian Banjir)

"Tadi Bapak Presiden sudah menjelaskan tentang kekhawatiran beliau mana kala libur panjang ini tanpa diantispasi dengan baik sebagaimana yang telah terjadi pada periode libur panjang yang lalu," ujarnya dalam konfrensi pers 'Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang Akhir Oktober Tahun 2020' di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (19/10/2020).

Kepala BNPB itu menerangkan, pada momentum libur panjang sebelumnya terjadi kenaikan kasus yang cukup signifikan. Terutama, lanjutnya, pada akhir Juli dan pekan ketiga Agustus.

"Sehingga kasus positif mengalami peningkatan sejak tanggal 1 September sampai dengan terutama tanggal 29 September yang lalu," kata dia.

Doni mengatakan, saat itu pemerintah langsung melakukan intervensi bersama pemerintah daerah dengan dibantu seluruh komponen mulai TNI-Polri, relawan, hingga para tokoh agama.

Ia menambahkan, hasil dari intervensi dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu berdampak dari sejumlah provinsi mengalami penurunan, hingga provinsi lainnya mengalami kasus Covid-19 secara flat.

"Walaupun ada 2-3 provinsi yang masih angkanya mengalami peningkatan. Kekhawatiran ini harus kita buktikan, harus kita upayakan agar tidak terjadi kasus yang bertambah," ucap mantan Danjen Kopassus itu.

 

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini