Apakah Jakarta Sudah Lewati Puncak Pandemi Covid-19?

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 19 Oktober 2020 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2295732 apakah-jakarta-sudah-lewati-puncak-pandemi-covid-19-SE9R6PO2Ik.jpeg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Pakar epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair), Laura Navila Yamani mengatakan, penurunan angka kasus positif virus corona harian, bukan berarti Jakarta sudah melewati puncak pandemi Covid-19.

Menurut Laura, penurunan kasus positif di Jakarta selama beberapa hari terakhir belum cukup menunjukkan sudah mencapai puncak atau belum.

"Apakah kemudian ini sudah bisa dikatakan bahwa melewati puncak pandemi? Saya rasa kita harus melihat kasus ini dalam beberapa hari ke depan apakah angka kasus harian stabil atau bahkan menurun," kata Laura saat dikonfirmasi Okezone Senin (19/10/2020).

Namun, kata dia, jika dalam waktu beberapa hari ke depan masih terjadi penurunan drastis maka kemungkinan besar sudah mencapai puncak khusus di DKI Jakarta.

"Kita berharap kasus akan terus menurun tapi harus dilakukan pengawasan untuk kapasitas pemeriksaan yang sudah dilakukan harus konsisten dan upaya penanganan kasus disesuaikan dengan indikator epidemiologi, misalkan angka positivity ratenya," ungkap Laura.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Turun tapi Belum Aman

Karena itu Laura menegaskan agar Pemprov DKI dan masyarakat luas untuk tidak mengendurkan penanganan sebelum pandemi benar-berakhir.

"Upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) oleh pemerintah dan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) oleh masyarakat," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini