Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Bisa Kembali Meningkat

Muhamad Rizky, Okezone · Senin 19 Oktober 2020 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 337 2295730 kasus-positif-covid-19-di-jakarta-bisa-kembali-meningkat-9ztu5M2d7K.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Epidemolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, kasus Covid-19 di Jakarta kemungkinan besar kembali meningkat. Peningkatan tersebut bisa terjadi akibat rendahnya pengendalian kasus corona di kota penyangga Ibu Kota.

"Potensi peningkatan kasus tetap besar kemungkinan terjadi," kata Dicky kepada Okezone saat dikonfirmasi, Senin (19/10/2020).

Apalagi kata dia, saat ini Pemrov DKI Jakarta sudah kembali melakukan pelonggaran. Hal tersebut dapat mendorong peningkatan kasus jika banyak masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Sekarang kan sudah terjadi pelonggaran kemungkinan bisa naik kalau enggak tertib," bebernya.

Dicky meminta masyarakat tidak terlalu berbesar hati melihat penurunan kasus di Jakarta sebab kondisi tersebut masih jauh dari kata aman.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Turun tapi Belum Aman

"Kasus di DKI memang sedang turun namun belum aman karena angka kematian dan kasus aktif masih banyak. Selain itu daerah penyangga ibukota belum terkendali," tandasnya.

Seperti diketahu kasus positif Covid19 per 18 Oktober 2020 kemarin di Jakarta mengalami penurunan atau dibawa 1000. Meski begitu Jakarta tetap masih masuk dalam daftar 5 provinsi tertinggi sebagai penyumbang terbanyak Covid-19 di Indinesia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini