Ini Motif Tersangka Hina Moeldoko 'Komprador' di Media Sosial

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 18 Oktober 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 337 2295543 ini-motif-tersangka-hina-moeldoko-komprador-di-media-sosial-6dnauGpZJh.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap pemilik akun Facebook Muhammad Basmi yang diduga menghina Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Polisi pun mengungkap dugaan motif dari terduga penghina itu

“Modus pelaku yakni melakukan postingan di akun Facebook Muhammad Basmi. Motifnya, karena punya pemikiran ingin memperbaiki bangsa Indonesia dan menuangkan ide-ide pikirannya ke medsos,” kata Wakil Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Himawan Bayu Aji saat dikonfirmasi, Jakarta, Minggu (18/10/2020).

Menurut dia, pelaku Basmi ditangkap di sebuah indekos yang ada kawasan Jalan H. Murtado, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Sementara, penangkapan didasarkan adanya laporan polisi dengan nomor LP/A/590/X/2020/BARESKRIM, tertanggal 17 Oktober 2020.

Baca Juga: Bareskrim Tangkap Pemilik Facebook yang Diduga Hina Moeldoko

Moeldoko

Selain menangkap pelaku, kata dia, pihaknya juga menyita barang bukti di antaranya satu unit telepon genggam beserta sim card, dan akun Facebook. Saat ini, ia sedang diperiksa intensif oleh penyidik. “Tersangka sudah dibawa ke Bareskrim bersama barang bukti untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Himawan.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 28 Ayat (2) UU ITE, dan atau penghinaan sesuai Pasal 207 KUHP terkait dugaan ujaran kebencian berbau SARA.

Baca Juga: Polisi Periksa Tersangka Penghina Moeldoko dan Barang Bukti

Berikut posting-an Muhammad Basmi yang dilihat Okezone, ia menyebut Moeldoko sebagai eks purnawirawan jenderal yang berkhianat terhadap bangsa Indonesia dan loyal kepada asing atau komprador.

"SOUNDNICE ITU MENIPU CONSCIOUSNESS

 

A***ng Ku*a* MOELDOKO hanya kumpulan Mantan Jendral bermentalitas sebagai KOMPRADOR dan KOLABORATOR ASING

 

Salam

 

*MUHAMMAD FB (BEN)," tulis akun Facebook Muhammad Basmi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini