DPP SAHI Gelar Rakernas I di Tengah Pandemi

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 17 Oktober 2020 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 337 2295152 dpp-sahi-gelar-rakernas-i-di-tengah-pandemi-SlHI06BW7M.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Silahturahmi Haji dan Umrah Indonesia (DPP SAHI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Tahun 2020, pada Sabtu (17/10/2020). Adapun Rakernas bertema ‘Bersama SAHI Membangun Negeri’.

Ketua Umum DPP SAHI, Abdul Khaliq Ahmad mengatakan, Rakernas kali ini diselenggarakan berbeda dengan situasi biasanya lantaran pandemi Covid-19. Sehingga ada beberapa pengurus dan 21 DPW SAHI harus mengikutinya secara virtual.

“Hari ini memang kita menyelenggarakan rapat kerja nasional tahun 2020 untuk memenuhi kewajiban organisasi,” kata Abdul saat ditemui di kantor DPP SAHI, Jalan KH. Ramli, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (17/10/2020).

Abdul melanjutkan setidaknya ada tiga hal yang akan dibahas dalam Rakernas SAHI. Pertama yakni mengenai program kerja baik internal ataupun eksternal di dalam organisasi SAHI. Untuk yang internal misalnya terkait hal-hal konsolidasi organisasi, penguatan organisasi dan penguatan data base keanggotan SAHI sendiri.

“Kemudian eksternal itu terkait dengan masalah partipasi pembangunan, pengembangan ekonomi umat dan terkait dengan sinergitas dengan berbagai stakeholder hidang pemberdayaan ekonomi,” lanjutnya.

Untuk pembahasan kedua, kata Abdul, mengenai bidang keroganisasian SAHI. Dimana DPP akan mendengarkan perkembangan dari DPW SAHI di daerah ihwal apa saja yang sudah mereka rencanakan dan kerjakan.

Sementara untuk yang pokok bahasan yang ketiga oleh SAHI mengenai rekomendasi dan menyikapi perkembangan isu terkini yang ada di bangsa Indonesia. Seperti halnya membahas mengenai Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang baru saja disahkan oleh DPR.

“Jadi bagian ketua adalah rekomendasi dan tentu kita menyikapi perkembangan terkahir yang melingkupi perkembangan bangsa kita. Baik dalam lingkup sosial politik ekonomi dan budaya karena ini adalah bagian dari interaksi SAHI dari masyarakat dan negara. Oleh karena itu kita memberikan respon yang ada. Termasuk terkahir terkait UU Cipta Kerja,” bebernya.

Rakernas SAHI I tahun 2020 diresmikan oleh Wakil Menteri Agama RI Zainut Tauhid Sa’adi. Kemudian ada juga pengarahan oleh Ketua Dewan Pembina SAHI Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin dan Ketua Dewan Penasehat SAHI/Staff Khusus Wapres RI Bapak Prof. Dr. H. Masykuri Abdillah.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas diselenggaranya Rakernas I SAHI tahun 2020, dengan harapan SAHI dapat menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan Haji dan Umrah di Indonesia, dengan memberikan masukan-masukan dalam rangka pelaksanaan ibadah haji. SAHI juga harus menjadi lembaga yang proaktif dan bisa bersama-sama Pemerintah membangun dan meningkatkan kualitas dan kemabruran bagi jamaah haji Indonesia,”ujar Zainut.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini