Cuaca Ekstrem Bakal Landa Indonesia, Bagaimana Strategi BNPB?

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 17 Oktober 2020 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 337 2295032 cuaca-ekstrem-siap-landa-indonesia-bagaimana-strategi-bnpb-DUKKtCnE3d.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyiapkan strategi mengantisipasi ancaman cuaca ekstrem di Indonesia. BNPB telah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menjalankan langkah-langkah strategi tersebut.

"BNPB telah meminta pihak BPBD kabupaten dan kota untuk melakukan beberapa langkah strategi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Raditya Jati melalui pesan singkatnya, Sabtu (17/10/2020).

Langkah-langkah strategi tersebut diantaranya yakni, membahas mengenai sosialisasi daerah rawan bencana, memastikan camat, lurah dan kepala desa untuk melakukan kesiapsiagaan di daerah masing-masing.

"Serta, memastikan organisasi perangkat daerah mempersiapkan sumber daya dalam kesiapsiagaan serta operasional pusat pengendali operasi (pusdalops) di BPBD," imbuhnya

Kedua, kata Raditya, pihak BPBD dan instansi terkait diminta untuk melakukan simulasi field training exercise sesuai dengan rencana kontinjensi yang ada. Radit juga memastikan rencana tersebut harus disesuaikan dengan ancaman bahaya lain yaitu, Covid-19.

"Ketiga, menghimpun dukungan sumber daya, khususnya sukarelawan dan dukungan lain," sambungnya.

Langkah lainnya yang harus dilakukan BPBD yakni, susur sungai yang bertujuan untuk memastikan tidak ada potensi bahaya. Terakhir, menetapkan tempat evakuasi berbasis protokol Kesehatan.

Ia juga meminta BPBD di tingkat provinsi untuk melakukan rapat koordinasi, khususnya menghadapi La Nina. Ia meminta seluruh pemerintah provinsi untuk memastikan seluruh bupati dan walikota untuk melakukan kesiapsiagaan di setiap daerah.

"Memastikan seluruh organisasi perangkat daerah provinsi sudah mempersiapkan sumber daya dalam mendukung kesiapsiagaan," ujarnya.

Kemudian, BPBD dan mitra terkait juga telah diminta untuk melakukan simulasi table top exercise sesuai dengan rencana kontinjensi yang sudah disiapkan serta menghimpun sukarelawan dan dukungan lain di tingkat provinsi. (kha)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini