Imbauan BMKG untuk Antisipasi Cuaca Ekstrem Musim Penghujan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 17 Oktober 2020 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 337 2295031 imbauan-bmkg-untuk-antisipasi-cuaca-ekstrem-musim-penghujan-OhS00q0uOL.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi cuaca ekstrem saat musim penghujan tiba. Cuaca ekstrem yang dimaksud yakni, intensitas hujan yang sangat lebat dengan disertai kilat dan angin kencang.

Kabid Deseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengatakan, antisipasi yang dapat dilakukan masyarakat terhadap ancaman cuaca ekstrem diantaranya yakni, melakukan pengecekan dan pembersihan saluran air.

"Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian genangan maupun banjir terutama daerah-daerah yang menjadi langganan seperti wilayah ya lng berada di daerah aliran kali atau sungai, daerah cekungan maupun daerah pesisir," kata Hary Tirto kepada Okezone, Sabtu (17/10/2020).

Hary juga meminta agar masyarakat yang berada di daerah perbukitan waspada terhadap bencana longsor. Tak hanya itu, ia juga mengingatkan kepada pengendara motor ataupun mobil selalu mengecek prakiraan cuaca BMKG jika ingin bepergian saat musim penghujan.

"Bagi masyarakat yang sedang berkendara baik beroda dua maupun lebih, waspada jalan licin dan jarak pandang yang terbatas. Dihimbau untuk berlindung di bangunan yang kuat dan kokoh, tisak disarankan berlindung dibawah pohon," terangnya.

Untuk mengantisipasi ancaman kilat atau petir, ucap Hary, pemerintah diminta untuk memangkas atau merapikan pohon-pohon yang keliatan mulai rapuh. Sebab, hal itu sangat berbahaya bagi para pengguna jalan saat musim penghujan.

"Melakukan pengecekan kualitas pohon yang lapuk atau tidak. Melakukan pengecekan dan penguatan bagian atap daru bagunan semi permanen dann non permanen," beber Hary.

"Melakukan pengecekan dan penguatan bagian-baguab bangunan konstruksi seperti baliho, papan reklame dan lain-lain. Hal-hal tersebut diatas perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini