Ma'ruf Amin Sebut Vaksin Bentuk Ikhtiar Mencegah Covid-19

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 16 Oktober 2020 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 337 2294841 ma-ruf-amin-sebut-vaksin-bentuk-ikhtiar-mencegah-covid-19-7cwpkUeWYV.jpg Wapres KH Ma'ruf Amin (Foto : Okezone.com)

JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan vaksin merupakan salah satu bagian dari usaha atau ikhtiar pencegahan Covid-19.

“Itu bentuk upaya, ikhtiar, mencegah terjadinya suatu penyakit (Covid-19). Jadi imunisasi juga bagian dari berobat. Berobat kan ada dua macam, ada yang kuratif, ada yang preventif. Kalau kuratif kan kalau sudah terjadi diobati. Kalau preventif kan sebelum terjadi,” katanya saat berbincang dengan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro dalam akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Jumat (16/10/2020).

Wapres juga menyebut masalah pengobatan di dalam ajaran Islam memang ada dalam salah satu riwayat hadits. “Di dalam masalah pengobatan ini memang ada perintah. Hadistnya panjang, intinya begini, 'berobatlah kamu, karena Allah tidak meletakkan penyakit kecuali ada obatnya',” ungkapnya.

“Jadi setiap penyakit ada obatnya, cuma bisa ditemukan atau belum ditemukan saja. Kecuali, yang tidak ada obatnya itu penyakit pikun. Kalau orang pikun enggak bisa diobati itu ya. Tapi kalau yang namanya penyakit ada obatnya,” tuturnya.

Kiai Maruf juga menyebut bahwa usaha pencegahan pun ada dalilnya di dalam Islam. Di mana setiap muslim diminta untuk bersiap di dalam lima hal sebelum datang lima hal.

Baca Juga :Sulteng dan Papua Nihil Penambahan Kasus Covid-19

“Apa saja, bersiap pada waktu masa mudamu sebelum kamu tua. Jadi masih muda harus siap-siap menghadapi tua. Masa sehatmu sebelum kamu sakit. Ini kan preventif. Ada perintah agama supaya kita menjaga kesehatan. Lainnya, ya masa kaya sebelum miskin, masa luang sebelum sibuk, masa hidup sebelum mati,” katanya.

“Jadi masa sehat, kita harus gunakan untuk persiapkan, mencegah terjadinya sakit. Jadi itu barangkali dalil imunisasi,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini