Satgas: Masyarakat Duta Perubahan Perilaku dalam Melawan Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 16 Oktober 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 337 2294774 satgas-masyarakat-duta-perubahan-perilaku-dalam-melawan-covid-19-Ja9QN0RRpu.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny B. Harmadi mengatakan, ujung tombak memutus mata rantai penularan Covid-19 adalah masyarakat. Dia menyebut masyarakat sebagai duta perubahan perilaku yang berperan melawan Covid-19.

“Di bidang perubahan perilaku kita menempatkan masyarakat untuk menjadi duta, menjadi agen perubahan perilaku, berperan serta di dalam memutus rantai penularan Covid-19,” ungkap Sonny dalam diskusi Sosialisasi Iman, Aman dan Imun Hadapi Covid-19 secara virtual di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Selanjutnya adalah penanganan kesehatan dengan 3T, testing, tracing, treating atau treatment. "Nah kalau di perubahan perilaku dengan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun itu kita berusaha memutus rantai penularan Covid-19,” tambah Sonny.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Menurut Sonny, dengan totalitas mematuhi protokol kesehatan, diharapkan masyarakat tidak lagi tertular Covid-19.

“Tapi dibutuhkan totalitas untuk tidak tertular Covid-19," ucapnya.

Dia menjelaskan, selama 7 bulan menghadapi pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan semakin meningkat.

Baca juga: 154.926 Orang Jadi Suspek Covid-19 di Indonesia

“Jadi, Alhamdulillah 7 bulan kita belajar menghadapi pandemi ini semakin lama semakin baik respons masyarakat dan semakin baik kesadarannya,” ucapnya.

“Hal ini terlihat dari data menunjukkan bahwa kebiasaan memakai masker meningkat, lalu kemudian menjaga jarak membaik, lalu kemudian juga mencuci tangan pakai sabun juga membaik. Hanya saja memang yang selalu rendah dari dulu adalah kemampuan kita mencegah menjaga jarak dan menghindari kerumunan itu yang menjadi masalah,” jelas Sonny.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini