Total Klaim Tagihan Pasien Covid-19 dari RS Rujukan Sebesar Rp12 Triliun

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 16 Oktober 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 337 2294534 total-klaim-tagihan-pasien-covid-19-dari-rs-rujukan-sebesar-rp12-triliun-8MkbAIzM5y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan dana Rp21 triliun untuk pembiayaan pasien Covid-19, yang dirawat di rumah sakit-rumah sakit rujukan di seluruh Indonesia.

“Jadi memang total klaim pembayaran yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran klaim ini 21 triliun. Ini uang yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran klaim,” ungkap Plt. Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes Abdul Kadir, dalam Temu Media Pelayanan Kesehatan Covid-19 di Fasilitas Pelayanan Kesehatan secara virtual, Jumat (16/10/2020).

Kadir menjelaskan, dana yang sudah terealisasi berasal dari Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kemenkes sekitar Rp6,2 triliun dan Dana Siap Pakai yang dikelola oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp950 miliar.

“Kemudian, sampai sekarang ini yang sudah terealisasi adalah sekitar 6,2 triliun, ini berasal dari DIPA Kemenkes. Kemudian ada 950 miliar yang berasal dari dana DSP BNPB,” jelas Kadir.

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Kadir mengatakan, hingga tanggal 15 Oktober 2020, total tagihan klaim yang masuk sebesar Rp12 triliun, dengan klaim yang sudah dibayarkan sebesar Rp7,1 triliun.

“Jadi kalau kita total dana pembayaran klaim saat ini yang sudah kita bayarkan adalah sekarang ini 7,1 triliun itu yang sudah kita bayarkan,” kata kadir.

Baca juga: Satgas Minta Masyarakat Bersabar, Alokasi Vaksin Covid-19 Utamakan Keadilan

Klaim Rp4 triliun yang belum dibayarkan karena masih dalam proses verifikasi. “Berarti yang belum dibayar masih dalam proses verifikasi itu masih ada sekitar 4 triliun lebih, ini masih dalam proses verifikasi. Artinya apa? Ini tentunya karena masuknya masih baru, kemarin terakhir maka ini tentunya membutuhkan waktu verifikasi,” jelas Kadir.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini