Fenomena La Nina, Masyarakat Diminta Selalu Update Perubahan Cuaca

Kiswondari, Sindonews · Kamis 15 Oktober 2020 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 337 2294352 fenomena-la-nina-masyarakat-diminta-selalu-update-perubahan-cuaca-TkkGoOiOTS.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie menanggapi perihal prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengenai fenomena La Nina yang berpotensi menimbulkan multi-bencana.

Terkait hal itu, Syarif meminta kepada jajaran BMKG untuk mensosialisasikan secara masif terkait prediksi cuaca kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa lebih antisipatif dalam menghadapi berbagai fenomena cuaca.

“Pembaruan informasi cuaca sangat dibutuhkan masyarakat. Terutama, agar warga bisa mempersiapkan diri menghadapi potensi hujan setiap hari,” kata Syarif saat dihubungi, Kamis (15/10/2020).

Terlebih, kata politikus Partai Nasdem ini, intensitas musim hujan tahun ini diprediksi tak wajar dan berintensitas lebih tinggi akibat adanya fenomena La Nina. Penting bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan terkini mengenai fenomena tersebut.

“Sehingga, masyarakat tidak putus dengan informasi itu,” imbuh Syarif.

Selain itu, menurut Syarif, banyak cara yang bisa dilakukan BMKG dalam memberikan informasi berkaitan prediksi cuaca kepada masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi yang ada hari ini.

“Masyarakat Indonesia rata-rata sudah punya handphone dan punya aplikasi untuk itu. Sehingga, semua itu harus dijadikan sarana menginformasikan setiap waktu,” ujarnya.

Selain itu, legislator dapil Kalimantan Barat I ini juga mendorong Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pemerintah daerah (Pemda) untuk mempersiapkan berbagai antisipasi menghadapi curah hujan yang sangat tinggi tahun ini.

“Persiapan maksimal harus dilakukan Basarnas dan Pemda demi meminimalkan resiko terjadinya dampak bencana akibat La Nina,” tandas Syarif.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini