Pandemi Covid-19, Pengawasan di TPS Perlu Dirumuskan

Felldy Utama, iNews · Rabu 14 Oktober 2020 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 337 2293704 pandemi-covid-19-pengawasan-di-tps-perlu-dirumuskan-ByKfZ4dCX7.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin menilai perlunya perumusan standar tata laksana pengawasan di TPS pada saat pemungutan suara Pilkada 2020 pada 9 Deserber. Menurutnya, pandemi membuat standar tata laksana diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19 saat pemilih menunaikan hak pilihnya.

Menurut Afif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kesulitan untuk menerapkan TPS dengan standar protokol kesehatan ketat. Sebab faktanya, karakteristik tiap daerah apalagi daerah pelosok berbeda.

Hal ini dia utarakan merujuk pada pengawasan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di tingkat TPS dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Simulasi digelar KPU di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada 10 Oktober 2020.

"Untuk itu, perlu perumusan standar tata laksana pengawasan agar Bawaslu bekerja bisa bekerja maksimal," kata Afif dalam keterangannya yang dikutip, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga : Cegah Covid-19, Perkantoran Tak Lagi Bisa Sembunyikan Informasi

Dia mengungkapkan pengawas pemilu juga menemukan masih ada masyarakat adat di pelosok yang sama sekali tidak menerapkan protokol kesehatan. Artinya, perlu jalan keluar sebagai solusi menanggulangi kejadian seperti itu.

"Hal semacam ini masih banyak kita temukan. Dan ini harus cepat dicari solusi," ujar Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu ini.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini