Share

Habib Rizieq 5 Kali Dikabarkan Pulang ke Indonesia, Namun Belum Terealisasi

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 14 Oktober 2020 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 337 2293573 habib-rizieq-5-kali-dikabarkan-pulang-ke-indonesia-namun-belum-terealisasi-qp59MhoUnR.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Habib Rizieq Shihab disebut-sebut akan segera kembali ke Indonesia. Informasi kepulangan Habib Rizieq itu sebelumnya disampikan oleh Ketua Umum FPI KH Ahmad Shabri Lubis saat menggelar aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (13/10/2020) kemarin.

Rencana kepulangan Habib Rizieq sendiri sudah beberapa kali terjadi, namun hingga sejak keberangkatannya ke Arab Saudi pada 2017 lalu, Ia tidak pernah kembali ke tanah air.

Okezone merangkum beberapa catatan kepulangan Habib Rizieq yang seblumnya pernah terjadi sebagai berikut.

1. Pulang 12 Juni 2017

Sekjen DPD Front Pembela Islam (FPI) Habib Novel Bamukmin memprediksi kepulangan Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab (HRS) ke Indonesia tidak akan lama lagi. Novel memprediksi, Rizieq akan kembali ke Indonesia tanggal 12 Juni 2017 mendatang. Namun, semuanya itu kembali kepada Rizieq sendiri.

"Insya Allah tanggal 12 Juni kalau sekiranya Habib Rizieq balik ke Indonesia," tuturnya.

2. Pulang 17 Agustus 2017

Kuasa Hukum imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, Sugito Atmo Pawiro mengatakan kliennya akan pulang sebelum September 2017.

Sugito menuturkan kepulangan Rizieq ke Indonesia bukan untuk memberikan ketenangan kepada penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya terkait kasus video chat mesum yang menjeratnya.

Habib Rizieq akan kembali ke Tanah Air untuk menghadiri acara milad FPI yang jatuh pada 17 Agustus. "Sebelum September sudah pulang, InsyaAllah. Kan ada milad FPI, insyaAllah, doakan saja (pulang cepat) karena akan hadiri milad FPI 17 Agustus," kata Sugito saat dikonfirmasi, Selasa (18/7/2017).

3. Pulang 2 Desember 2017

Habib Rizieq Sihab dikabarkan akan kembali ke Indonesia guna menghadiri silaturahmi dan reuni akbar alumni 212 di Monas, Jakarta, pada 2 Desember 2017. Tapi, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) meminta beberapa kasus yang menjeratnya dihentikan.

Sekjen Dewan Syuro DPD FPI DKI Habib Novel Bamukmin mengatakan, Habib Rizieq akan kembali ke Indonesia apabila Polri menghentikan seluruh kasus yang menimpa Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) itu.

"‎Ya memang dibilang mau balik. Tapi kemungkinannya itu bisa jadi kalau memang polisi menghentikan seluruh kasus yang laporannya ada di Polda Metro, Polda Jawa Barat dan Polda Papua," kata Habib Novel saat dihubungi Okezone, Jumat (24/11/2017).

4. Pulang 21 Februari 2018

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dikabarkan pulang ke Indonesia pada Rabu, 21 Februari 2018. Saat ini, pentolan FPI itu masih berada di Arab Saudi.

"Iya (Habieb Rizieq) akan pulang tanggal 21 Februari nanti," kata anggota kuasa hukum Habieb Rizieq, Kapitra Ampera kepada Okezone, Sabtu (27/1/2018).

Ia mengaku akan ada jutaan massa yang akan menjemput Habieb Rizieq di Bandara Soekarno Hatta, Banten. Kini, pihaknya tengah melakukan komunikasi dengan pihak kepolisian agar tak mengganggu ketertiban umum. "Sudah banyak yang ngabarin kalau dari berbagai daerah akan datang menjemput beliau," imbuhnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Segera Pulang 2020

Ketua Umum (Ketum) Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma'arif mengklaim, cegah-tangkal (cekal) terhadap Habib Rizieq Shihab telah resmi dicabut, pada hari ini. Saat ini, kata Ma'arif, Habib Rizieq Shihab sedang mengurus proses untuk dapat segera pulang ke Indonesia.

"Pada hari ini IB-HRS secara resmi sudah dicabut cekalnya dan sudah dibebaskan dari denda apapun, karena IB-HRS tidak bersalah. Selanjutnya, IB-HRS menunggu proses administrasi bayan safat (exit permit) dan pembelian tiket, serta penjadwalan untuk kepulangan ke Indonesia," ujar Ma'arif berdasarkan keterangan resminya, Selasa (13/10/2020).

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (DPP FPI), pihaknya mendapat informasi resmi dari Mekkah terkait rencana kepulangan Habib Rizieq Shihab.

Adapun informasi yang diterima FPI di antaranya setelah melalui proses perundingan panjang antara Habib Rizieq Shihab dan Otoritas Arab Saudi, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang mengenai kepulangan Imam Besar FPI tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini