Antisipasi Bencana saat Pandemi, Mensos: Kapasitas Tenda Pengungsi Dikurangi

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 13 Oktober 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 337 2292871 antisipasi-bencana-saat-pandemi-mensos-kapasitas-tenda-pengungsi-dikurangi-KyslwQI5Yx.jpeg Mensos, Juliari P Batubara. (Foto: Kemensos RI)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara memastikan bahwa penanganan pengungsi terdampak bencana, di saat pandemi Covid-19 akan berbeda. Hal ini disampaikannya sebagai antisipasi meningkatnya curah hujan sepanjang akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021.

“Apabila terjadi bencana teknis untuk lokasi pengungsian sehubungan masih saat pandemi sekarang. Tentunya akan berbeda dengan lokasi pengungsian pada saat normal,” ujarnya seusai rapat terbatas, Selasa (13/10/2020).

Dia menyebut salah satu hal yang akan berbeda adalah terkait kapasitas tenda pengungsi. Dia mengatakan bahwa jumlah pengungsi dalam satu tenda nantinya akan dikurangi.

Juliari P Batubara.

“Kalau saat normal mungkin dalam tenda itu bisa puluhan orang. Bahkan kadang bisa ratusan. Tentunya kami akan lihat kondisi di lapangan. Kalau pakai tenda tentunya tidak bisa diisi seperti pada kondisi normal. Jumlahnya pasti akan kita kurangi namun teknis pelaksanaan tergantung lokasinya,” ucapnya.

Baca juga: Penyaluran Bansos, Mensos Minta Pemda Terapkan Protokol Kesehatan

Selain itu, protokol kesehatan akan diterapkan di area pengungsian. Masing-masing pengungsi akan diberikan masker dan alat proteksi diri agar tidak terjadi klaster Covid-19 di lokasi pengungsian.

“Kami juga kerja sama dengan Kementerian kesehatan apakah mungkin di lokasi pengungsian dilakukan testing, apakah rapid test atau PCR. Ini akan kami konsultasikan dengan Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini