BIN Kantongi Nama Dalang di Balik Kerusuhan Demo Omnibus Law

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 11 Oktober 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 11 337 2291892 bin-kantongi-nama-dalang-di-balik-kerusuhan-demo-omnibus-law-PoBAclwsUi.jpg ilustrasi: okezone

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) mendalami dalang kerusuhan aksi demonstrasi menolak omnibus law Undang-undang Cipta Kerja, beberapa waktu lalu.

"BIN terus mendalami dalang kerusuhan dan diverifikasi untuk tindaklanjutnya terkait hukum," ucap Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (11/10/2020).

(Baca juga: Anies Khawatir Demo Omnibus Law Berpotensi Timbulkan Lonjakan Kasus Covid-19)

Wawan tidak menampik demokrasi meniscayakan kebebasan dan kesetaraan. Namun hal tersebut ada aturannya. Jika ada pelanggaran, maka ada sanksi hukumnya.

"Kita hargai mereka berhak demo dan dilindungi konsitusi, kita semua setara, namun jangan langgar aturan, karena aturan itu ada sanksi hukumnya," tuturnya.

"Jika terbukti dari hasil penyelidikan dan penyidikan pasti ditindak tegas. Nama-nama yang ada terus didalami," ungkap Wawan.

Sebagaimana diketahui, DPR telah mengesahkan omnibus law RUU Cipta Kerja menjadi UU. Keputusan ini memantik aksi demonstrasi dari sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari buruh, mahasiswa, pelajar, dan lain sebagainya.

 

Bagi buruh, UU Cipta Kerja menghisap kaum pekerja dan lebih menguntungkan pemodal. Karena itu buruh meminta agar beleid ini dibatalkan meski sudah disahkan.

Aksi demonstrasi yang memuncak pada Kamis 8 Oktober 2020 kemarin menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum. Selain di Jakarta, aksi juga digelar serentak di berbagai titik di wilayah lainnya.

Belakangan mencuat desakan agar Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk membatalkan UU Cipta Kerja. Namun hingga kini pemerintah belum menimbang opsi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini