KSP: Aturan Turunan UU Cipta Kerja Segera Diselesaikan

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 09 Oktober 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 337 2291019 ksp-aturan-turunan-uu-cipta-kerja-segera-diselesaikan-1JbZlqhDXl.jpeg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Donny Gahral Adian memastikan pemerintah segera menyelesaikan aturan turunan dari omnibus law Undang-undang Cipta Kerja.

"Ini akan segera diselesaikan karena kan ini ingin segera diimplementasikan agar iklim investasi membaik dan menciptakan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan oleh rakyat," ujar Donny saat dihubungi wartawan, Jumat 8 Oktober 2020.

Menurut Donny, demonstrasi menolak UU Cipta Kerja adalah bagian dari demokrasi sepanjang tidak merusak dan melakukan vandalisme. Namun kalau sudah anarkis maka ada aturan hukum yang dilanggar dan itu ada konsekuensinya.

"Meski disikapi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku kalau ada pidana tenu saja diproses scara hukum begitu, jadi kalau demo damai dan tidak merusak itu bagian dari demokrasi, tapi kalau sudah vandalisme merusak fasilitas umum merugikan masyarakat tentu saja ada ketentuan perundang-undangan yang dilanggar jadi ya kita proporsional dalam menyikapi demo ini," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, DPR telah mengesahkan omnibus law RUU Cipta Kerja menjadi UU. Keputusan ini memantik aksi demonstrasi dari sejumlah elemen masyarakat. Mulai dari buruh, mahasiswa, pelajar, dan lain sebagainya.

Bagi buruh, UU Cipta Kerja menghisap kaum pekerja dan lebih menguntungkan pemodal. Karena itu buruh meminta agar beleid ini dibatalkan meski sudah disahkan.

Aksi demonstrasi yang memuncak pada Kamis 8 Oktober 2020 kemarin menyebabkan kerusakan sejumlah fasilitas umum. Selain di Jakarta, aksi juga digelar serentak di berbagai titik di wilayah lainnya.

Belakangan mencuat desakan agar Presiden Jokowi mengeluarkan Perppu untuk membatalkan UU Cipta Kerja. Namun hingga kini pemerintah belum menimbang opsi tersebut.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini