Ini Harapan Besar Presiden Jokowi kepada TNI di HUT ke-75

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 05 Oktober 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 337 2288479 ini-harapan-besar-presiden-jokowi-kepada-tni-di-hut-ke-75-HYeJUCMrd9.jpg Presiden Joko Widodo gelar HUT ke-75 TNI di Istana Negara (foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh harapan besar dengan mendukung transformasi, dan penguatan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Ia menilai, organisasi TNI harus mampu menghadapi ancaman dan dinamika sesuai dengan perkembangan teknologi militer.

"Saya selalu mengatakan dalam berbagai kesempatan bahwa dunia bergerak sangat cepat, dunia bergerak sangat dinamis, transformasi organisasi TNI harus selalu dilakukan sesuai dengan dinamika lingkungan strategis, sesuai dinamika ancaman dan sesuai dengan perkembangan teknologi militer," kata Jokowi dalam arahannya saat menjadi Irup HUT ke-75 tahun TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10/2020).

 Baca juga: Presiden Jokowi: Atas Nama Rakyat, Saya Sampaikan Selamat HUT ke-75 Tahun TNI 

Kepala Negara menerangkan, sejak awal dirinya sudah mendukung TNI yang banyak melakukan transformasi untuk memastikan kebutuhan agar mampu adaptif dengan ancaman perang non konvensional.

Jokowi ingin transformasi TNI mampu hadapi ancaman perang non-konvensional dan transnasional dengan teknologi terkini.

 Baca juga:  HUT ke-75 TNI Digelar Secara Virtual di Istana Negara 

"Untuk memastikan TNI bisa adapatif bisa adaptif dengan ancaman pasca perang dingin terutama ancaman-ancaman non-konvensional dan ancaman transnasional dan untuk memastikan TNI mampu mengadopsi perkembangan terkini berbasiskan teknologi nano dan teknologi otomatisasi," jelasnya.

Jokowi menerangkan, TNI telah melakukan transformasi organisasi dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru dalam lima tahun terakhir.

 

"Telah kita bentuk organisasi tempur baru seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 Angkatan Udara, Armada 3 Angkatan Laut dan Pasukan Marinir Ketiga," lanjutnya.

Jokowi menerangkan, TNI juga membentuk kekuatan gabungan di tiga matra wilayah pertahanan dan tiga skuadron drone milik Angkatan Udara, serta Satuan Cyber TNI.

"Pembentukan satuan-satuan baru TNI ini adalah bentuk komitmen pemerintah untuk terus mendukung transformasi organisasi TNI agar TNI semakin kokoh dalam menjalankan perannya," tutur dia.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini