DPR Harap Uji Klinis Alat Deteksi Covid-19 Lewat Hembusan Napas Segera Rampung

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 03 Oktober 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 337 2287811 dpr-harap-uji-klinis-alat-deteksi-covid-19-lewat-hembusan-nafas-segera-rampung-RidFaMFMQV.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR, Muchamad Nabil Haroen berharap alat pendeteksi virus corona hasil inovasi peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bernama GeNose segera rampung proses uji klinisnya.

GeNose merupakan alat pendeteksi Covid-19 dengan metode pengambilan sampel lewat hembusan napas. Alat ini mendeteksi volatile organic compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi virus corona yang keluar bersama napas seseorang.

"Harapan kita uji klinisnya segera selesai dan bisa digunakan masyarakat. Untuk alat deteksi covid ini bisa jauh lebih murah dan lebih nyaman karena pakai hembusan napas, tidak dicolok-colok," ucap Nabil dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk "Sinergi Mencari Obat Covid," Sabtu (3/10/2020).

Dikutip dari laman ugm.ac.id, GeNose telah melalui uji profiling dengan menggunakan 600 sampel data valid di Rumah Sakit Bhayangkara dan Rumah Sakit Lapangan Khusus Covid Bambanglipuro di Yogyakarta hasilnya menunjukkan tingkat akurasi tinggi, yaitu 97 persen.

Setelah melalui uji klinis tahap pertama, saat ini GeNose tengah memasuki uji klinis tahap kedua. Alat ini memiliki kemampuan mendeteksi virus corona kurang dari dua menit.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini