DPR Nilai Harga Tertinggi Swab Mandiri Rp900 Ribu Cukup Moderat

Fahreza Rizky, Okezone · Sabtu 03 Oktober 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 337 2287802 dpr-nilai-harga-tertinggi-swab-mandiri-rp900-ribu-cukup-moderat-3aFZqbUnDX.jpg Muchamad Nabil Haroen. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen atau Gus Nabil menganggap batasan biaya tertinggi tes swab mandiri sebesar Rp900 ribu cukup moderat. Ia berharap masyarakat dapat lebih proaktif memeriksakan dirinya untuk memutus mata rantai Covid-19.

"Menurut saya harga Rp900 ribu ini cukup moderat," ucapnya dalam diskusi virtual Polemik MNC Trijaya bertajuk "Sinergi Mencari Obat Covid," Sabtu (3/10/2020).

BACA JUGA: Berita Baik! Kemenkes Tetapkan Biaya Swab Test Mandiri Rp900 Ribu

Batasan biaya tertinggi swab yang baru keluar setelah pandemi berjalan berbulan-bulan, kata Nabil, bukanlah suatu keterlambatan. Pasalnya ia melihat pada awal pandemi terjadi kelangkaan bahan habis pakai (BHP) sehingga hal itu bisa dimaklumi.

"Menurut saya tidak ada kata terlambat ya, karena untuk mendapatkan alat-alat BHP itu kan sama seperti masker dan APD, kelangkaan itu terjadi, dan ketika hukum ekonomi berjalan ketika BHP akan semakin banyak maka harganya akan turun," jelas politikus PDI Perjuangan itu.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menetapkan biaya batas atas pemeriksaan Swab Test PCR sebesar Rp900.000.

BACA JUGA: Alasan Harga Tes Swab Corona Rp900.000

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir mengatakan, harga pemeriksaan tersebut hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan tes secara mandiri.

"Kami dari Kementerian Kesehatan dan BPKP menyetujui ada kesepakatan bersama terkait batas tertinggi harga pemeriksaan swab RT-PCR secara mandiri sebesar Rp900.000," ujar Kadir saat konfrensi pers tentang Acuan Tertinggi Swab Test Mandiri yang disiarkan langsung akun YouTube Kemenkes, Jumat 2 Oktober 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini