Mahfud MD Ingatkan TNI-Polri Tegas ke Pelanggar Protokol Kesehatan saat Pilkada

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 02 Oktober 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 337 2287298 mahfud-md-ingatkan-tni-polri-tegas-ke-pelanggar-protokol-kesehatan-saat-pilkada-H8rrKw9f1k.jpg Mahfud MD. (Foto: Okezone.com/Avirista M)

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku telah menginstruksikan TNI/Polri, untuk melakukan penegakan disiplin protokol kesehatan. Utamanya saat pelaksanaan pilkada serentak 2020.

Dia mengatakan, ada tiga strategi pendekatan dalam penegakan disiplin protokol kesehatan itu. “Pertama mitigatif atau preventif, cegah,” ungkapnya seusai Rapat Analisa dan Evaluasi Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak di Kantor Kemendagri,Jumat (2/10/2020).

“Kemudian yang kedua persuasif. Jika sudah terjadi, diberi tahu secara baik-baik,” ungkapnya.

Sementara yang ketiga adalah tindakan represif, jika memang diperlukan. “Tapi kalau diperlukan harus ada tindakan represif. Artinya penegakan hukum yang sifatnya ultimatum remedium,” tuturnya.

Mahfud memperingatkan TNI/Polri, jika sekali saja lembek, maka pelanggaran terhadap protokol kesehatan akan terus terjadi.

Baca juga: Mahfud MD: Jumlah Daerah Peserta Pilkada Berzona Merah Turun

“Saya katakan kepada Polri, TNI, Satpol PP, dan APH lain, sekali kita lembek, sekali kita kalah terhadap pelanggaran, akan terjadi pelanggaran berikutnya di tempat lain. Sehingga masalah ini tetap harus tegas sebagai tadi instruksi dari pemerintah pusat kepada para penegak disiplin protokol kesehatan,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini