Kapan Puncak Kasus Covid-19? Ini Jawaban Satgas

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 01 Oktober 2020 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 337 2287025 kapan-puncak-kasus-covid-19-ini-jawaban-satgas-vvshr6k2nY.jpg Wiku Adisasmito. (Foto: YouTube BNPB)

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito memberikan pandangannya soal puncak kasus Covid-19 di Indonesia. Dia mengatakan, hal itu sangat tergantung pada kepatuhan masyarakat.

“Kalau kita ditanya kapan angkanya tertinggi dan kemudian turun? Semua tergantung pada kita sendiri,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Kamis (1/10/2020).

Wiku mengaskan, kasus Covid-19 akan turun jika protokol kesehatan benar-benar dijalankan secara konsisten. Sebaliknya, jika tidak menjalankan protokol kesehatan, bisa dipastikan kasus Covid-19 akan naik.

Ilustrasi. (Foto: Shuttterstock)

“Angka ini akan turun pada saat perilaku di masyarakat, semuanya kompak menjalankan protokol kesehatan, bergotong-royong. Angka ini akan turun. Apabila kita lengah lagi angka ini akan naik lagi. Jadi sebenarnya angka ini tergantung dari kita masyarakat sendir,” ujarnya.

Wiku menyebut adanya peningkatan kasus yang terjadi akhir-akhir ini karena tingginya penularan di masyarakat.

Baca juga: Pemerintah Minta Bantuan Tes Antigen Covid-19 dari WHO

“Jumlah ini akan meningkat terus atau angkanya akan sama terus apabila tidak terjadi perubahan perilaku pada masyarakat. Mari kita bekerja sama untuk dapat menurunkan angka ini,” pungkasnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini