Pemerintah Minta Bantuan Tes Antigen Covid-19 dari WHO

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 01 Oktober 2020 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 337 2287006 pemerintah-minta-bantuan-tes-antigen-covid-19-dari-who-U0bP2ROzLq.jfif Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (BNPB)

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah mengumumkan adanya tes antigen untuk virus corona (Covid-19) yang hasilnya dapat diperoleh dalam waktu yang cepat. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, saat ini WHO akan mengirimkan bantuan alat tes tersebut ke beberapa negara.

“WHO memang sudah mengumumkan akan menyediakan 120 juta tes cepat untuk corona di 133 negara. WHO memprioritaskan negara-negara middle income country dan tentunya negara-negara dengan jumlah kasus yang besar,” katanya saat konferensi pers, Kamis (1/10/2020).

Dia pun mengaku Satgas telah berkomunikasi dengan perwakilan WHO di Indonesia agar dipertimbangkan mendapatkan bantuan alat tes tersebut.

“Kami telah berkomunikasi dengan perwakilan WHO yang ada di Indonesia. Kami telah memohon untuk bisa dapat dipertimbangkan mendapatkan bantuan dari WHO untuk tes cepat ini. Agar kita bisa mendeteksi lebih cepat dari kasus atau masyarakat yang menderita Covid,” ucapnya.

Lebih lanjut Wiku memastikan Indonesia pun akan melakukan pengadaan alat tes tersebut. Pasalnya Indonesia sudah mendapatkan rekomendasi dari WHO terhadap rapid test antigen yang kualitasnya baik.

Baca Juga : Jaga Jarak Bisa Turunkan Risiko Penularan Covid-19 hingga 85%

“Sedang kami review untuk selanjutnya mungkin akan digunakan. Tentunya akurasinya yang lebih tinggi karena ini pendeteksi antigen. Tentunya akan lebih baik dalam mendeteksi antibodi dalam rangka proses screening, sebelum selanjutnya dilakukan tes penegakan diagnosa dengan real time PCR,” ujarnya.

Baca Juga : Pemerintah Tidak Tanggung Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di RS Nonrujukan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini