Gerindra: Mudah-mudahan Partai Amien Rais Menambah Sehat Iklim Demokrasi

Kiswondari, Sindonews · Kamis 01 Oktober 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 337 2286810 gerindra-mudah-mudahan-partai-amien-rais-menambah-sehat-iklim-demokrasi-8RbOtvakaU.JPG Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (Foto: Okezone)

JAKARTA – Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik mantan Ketua MPR Amien Rais membentuk partai baru. Dasco mengatakan, itu merupakan bagian hak warga negara yang dijamin dalam konstitusi negara yakni, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45). 

“Ya sejauh ini kan kebebasan berserikat, berkumpul, termasuk membuat partai itu kan dijamin haknya oleh konstitusi kita,” kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Wakil Ketua DPR Koordinator Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini berpandangan, selama apa yang dilakukan oleh Amien Rais itu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada, Gerindra tidak masalah.

Baca Juga: PAN Ucapkan Selamat Datang untuk Partai Baru Amien Rais

Dasco pun berharap bahwa partai baru Amien Rais ini nantinya bisa menambah iklim sehat kehidupan demokrasi di Tanah Air.

“Nah, apa yang dilakukan oleh Pak Amien Rais itu sepanjang kemudian mengikuti aturan yang ada, saya pikir tidak ada masalah membuat partai baru dan mudah-mudahan bisa menambah iklim sehat demokrasi di Indonesia,” ucapnya.

Adapun kekhawatiran konstituen Gerindra akan beralih, menurut anggota Komisi III DPR ini, persaingan dalam demokrasi lumrah terjadi. Dan lagi, partai baru itu ada beberapa dan bukan hanya partai Amien Rais saja.

“Ya pantai baru itu kan nanti juga akan ada beberapa, bukan hanya partai ini,” ujar Dasco.

Dasco menegaskan, selama Gerindra dan partai yang punya kursi di Senayan ini bisa menunjukan program dan komitmennya kepada masyarakat, Pihaknya yakin Gerindra tetap bisa menjaga basis suaranya.

“Jadi nggak ada masalah sepanjang masing-masing partai politik yang sudah punya kursi bisa menunjukkan program dan komitmen kepada masyarakat ya kita tetap yakin bisa menjaga posisi terdepan,” tegasnya.

Amien Rais sendiri sudah mengumumkan partai barunya bernama Partai Ummat. Sejalan dengan pengumuman itu, Amien Rais tak lagi menjadi elite PAN.

Baca Juga: Amien Rais Umumkan Parpol Barunya Bernama Partai Ummat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini