Mahfud MD : Otsus Papua Tetap Berlaku Sesuai UU, Dananya Diperpanjang

Riezky Maulana, iNews · Kamis 01 Oktober 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 337 2286765 mahfud-md-otsus-papua-tetap-berlaku-sesuai-uu-dananya-diperpanjang-wjANRQk8fh.jpg Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan isu yang menyatakan pemerintah akan memperpanjang otonomi khusus (Otsus) Papua tidaklah benar. Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang (UU), Otsus di Papua tetap berlaku tanpa perlu diperpanjang.

"Saya tegaskan, tidak ada perpanjangan Otsus Papua karena keberlakuan Otsus itu tidak perlu diperpanjang. Tidak ada perpendekan atau perpanjangan. Otsus itu ada di Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dan itu berlaku terus, tidak harus diperpanjang," ucapnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/10/2020).

Dia mentururkan, saat ini pemerintah sedang membahas terkait dana Otsus tersebut. Menurutnya, bukan perpanjangan Otsus seperti yang santer beredar di kalangan masyarakat Papua.

"Ada kesalahan narasi di tengah-tengah masyarakat tentang Otsus Papua. Di Papua berkembang, di sebagian masyarakat untuk menolak perpanjangan Otsus. Nah yang sekarang kita olah adalah perpanjangan dana Otsus, bukan perpanjangan Otsusnya," tuturnya.

Dia menuturkan, pemberian dana Otsus untuk Papua akan berakhir pada 2021. Nantinya, ketika dana Otsus tersebut telah diperpanjang, pemerintah akan melakukan serangkaian pengetatan agar dana itu dapat dikelola dengan bijak sehingga dapat sampai tepat sasaran ke masyarakat.

Baca Juga : Kondisi di Intan Jaya Papua Mulai Kondusif Setelah Aksi Penembakan

"Karena dana itu sudah akan berakhir pada tahun depan, sehingga dana yang selama ini disediakan negara untuk otsus itu akan diperpanjang. Tetapi, akan di bawah kontrol administrasi yang lebih ketat sehingga bisa sampai ke masyarakat," tuturnya.

Baca Juga : Timwas DPR Akan Temui Para Tokoh Papua Terkait Evaluasi Dana Otsus

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini