Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi: Kita Ditantang Ujian Tak Alang-Kepalang, Covid-19

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 01 Oktober 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 337 2286557 hari-kesaktian-pancasila-jokowi-kita-ditantang-ujian-tak-alang-kepalang-covid-19-gwspytd2z6.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2020 di media sosial Instagramnya. Ia tampak mengunggah foto burung garuda dengan lima sila, Kamis (1/10/2020).

Dalam unggahan itu, Jokowi membubuhi keterangan bahwa setiap era dan zaman selalu datang dengan tantangannya sendiri.

"Bagi bangsa Indonesia, tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk kita hadapi di zaman kemerdekaan, di masa pembangunan, pada era globalisasi, dan sekarang, negara kita ditantang dengan ujian yang tak alang-kepalang: pandemi Covid-19," tulis Jokowi melalui laman Instagram resminya.

Baca Juga:  Dipimpin Presiden Jokowi, Upacara Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat

Semua tantangan itu, kata Jokowi, selalu dapat dilewati dan dimenangi berkat kekuatan yang nyata, yaitu persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila.

 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dalam upacara itu hadir pula Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah pimpinan lembaga negara turut hadir di lokasi, antara lain Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.

Baca Juga:  Syahdunya Puluhan Pelajar Lantunkan "Gugur Bunga" Usai Upacara Kesaktian Pancasila

Upacara peringatan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Meski tidak semua peserta upacara bisa hadir secara fisik. Namun, mereka tetap bisa mengikuti upacara secara virtual dan upacara tetap bisa berlangsung secara khidmat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini