Pemerintah Minta Penerapan Protokol Kesehatan Dijadikan Budaya Baru

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 30 September 2020 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 337 2286423 pemerintah-minta-penerapan-protokol-kesehatan-dijadikan-budaya-baru-EXGeG7nqmV.jpg Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Widodo Muktiyo (foto: Screenshot video)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), meminta masyarakat untuk konsisten menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air menggalir, serta menjaga jarak aman (3M).

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Widodo Muktiyo berharap, protokol kesehatan tersebut dijalankan sebagai budaya baru dalam kehidupan di masyarakat.

Dia ingin menyampaikan arahan dari Presiden Jokowi yang ingin strategi komunikasi sosialisasi terkait Covid-19, dilakukan secara terfokus dengan menggandeng Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), dalam menggalakkan kampanye pencegahan penularan Covid-19.

"Sama seperti memakai masker dan mencuci tangan, patuh jaga jarak harus kita jadikan gaya hidup baru. Ini menjadi tantangan buat kita semua, harus konsisten untuk tidak berkumpul atau berkerumun," ujar Widodo dalam keterangannya, Rabu (30/9/2020).

 Korban Covid-19

Widodo berharap, budaya menerapkan 3M tersebut bisa menekan angka penularan Covid-19. Menurut dia, Indonesia dikenal sebagai bangsa berbudaya yang gemar berkumpul, sehingga sosialisasi dan kampanye jaga jarak membutuhkan upaya lebih keras lagi.

Dia juga mengajak masyarakat semakin berperan dalam membantu pemerintah, untuk mendisiplinkan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Pemerhati kesehatan Lula Kamal menambahkan, masker dan jaga jarak merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam mencegah penularan corona.

Penggunaan masker, kata dia, bisa mencegah menyebarnya droplet yang berisi virus corona.

"Kita harus melandaikan kurva, meskipun Covid-19 belum bisa dihilangkan sepenuhnya. Kita berharap siapapun yang OTG harus disiplin pakai masker dan tidak berkumpul. Jika tidak dalam kerumunan, dia (OTG) tidak akan menularkan," kata Lula.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini