Pilkada Serentak 2020, Sekda Diminta Pastikan Netralitas ASN

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 30 September 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 337 2286148 pilkada-serentak-2020-sekda-diminta-pastikan-netralitas-asn-TxxsYeHohC.jpg Ilustrasi. (Dok Okezone.com)

JAKARTA โ€“ Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPANRB), Dwi Wahyu Atmaji mengingatkan para sekretaris daerah (sekda) dapat memastikan netralitas ASN di daerah tetap terjaga di tengah gelaran Pilkada Serentak 2020.

โ€œPak MenPANRB mengingatkan, sebentar lagi ada pilkada serentak di beberapa provinsi dan kabupaten/kota. Lebih-lebih mungkin ada yang petahana ikut maju sebagai calon. Diharapkan bapak/ibu sekda sebagai pimpinan ASN tertinggi di lingkungan masing-masing memastikan netralitas ASN. Memang ini bukan tugas yang ringan,โ€ katanya dalam Rakornas Forum Sekretaris Daerah, Rabu (30/9/2020).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori juga mengingatkan netralitas ASN terjaga selama pilkada. Dia meminta para sekda dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan Bawaslu terkait netralitas ini.

โ€œHal lain yang tidak kalah penting saya kira ini perlu bersinergi dengan Bawaslu yaitu untuk mendorong. Terutama untuk mendorong netralitas ASN,โ€ ujarnya.

Selain itu koordinasi dengan Bawaslu dilakukan untuk mendorong pemantauan terhadap indikasi terhadap pelanggaran yang dilakukan petahana atau ASN.

Baca Juga : Pilkada 2020, Komnas HAM Minta Penyelenggara Pemilu Siapkan Rencana Darurat

โ€œSeperti mobilisasi ASN dalam kampanye. Lalu politisasi pemberian bantuan sosial. Mengajak untuk mendukung calon tertentu sampai penggunaan aset pemda untuk kampanye Pilkada. Saya kira ini perlu mendapat perhatian dari teman-teman sekda provinsi maupun kabupaten/ kota,โ€ tuturnya.

Baca Juga : Pilkada Serentak, Bawaslu Temukan Pemilih Kelahiran Tahun 2989

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini