Sambut HUT ke-75 TNI, Ribuan Peserta Ikuti Lomba Bersepeda

Riezky Maulana, iNews · Selasa 29 September 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 337 2285419 sambut-hut-ke-75-tni-ribuan-peserta-ikuti-lomba-bersepeda-ZwnbuOhd8h.jpg Foto: iNews

JAKARTA – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-75 yang jatuh pada 5 Oktober mendatang, Markas Besar (Mabes) TNI menggelar lomba bersepeda virtual. Sebanyak 1.321 peserta kategori perseorangan yang terdiri dari personel TNI-Polri serta masyarakat sipil turut ambil bagian dalam lomba tersebut.

(Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Satu Kompi Prajurit TNI AD Latihan Tempur di Amerika Serikat)

Selain kategori perseorangan, lomba bersepeda virtual juga diadakan untuk kategori beregu atau kelompok. Dalam satu kelompoknya terdiri dari lima orang.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi menuturkan, total regu sudah terbentuk guna mengikuti lomba tersebut sebanyak 97 regu.

"Sampai saat ini perorangan sudah mencapai 1.321 peserta. Sedangkan untuk kategori beregu sampai saat ini sudah terdapat 97 regu. Dimana masing-masing regu terdiri dari lima orang," katanya di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (29/9/2020).

Alasan dipilihnya gelaran bersepeda virtual, kata dia karena kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan untuk menggelar acara yang menyebabkan kerumunan masa. Selain itu, olahraga adalah salah satu cara agar kesehatan tubuh tetap terjaga di kondisi seperti saat ini.

"Virtual fun bike ini digelar karena kita sama-sama ketahui bahwa sekarang sedang mengalami pandemi Covid-19. Sementara salah satu pencegahan terhadap Covid-19 ini dengan ketahanan tubuh atau olahraga," ujarnya.

"Jadi kita mengajak seluruh masyarakat Indonesia tanpa harus berkumpul. Biasanya kalau funbike itu kan ramai kumpul orang-orang," ujarnya.

Dia melanjutkan, lomba bersepeda virtual ini merupakan sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh Mabes TNI bekerjasama dengan komponen bangsa lainnya. Bahkan, dikatakan olehnya, peserta datang dari penjuru Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Ini merupakan terobosan sekaligus kita bersinergi dengan konponen bangsa lainnya dalam hut TNI. Jadi ini yang pertama kalau tidak salah dilaksanakan di Indonesia. Pesertanya ada dari Sabang sampai Marauke," ucapnya.

Lomba bersepeda secara virtual ini akan menempuh jarak sejauh 75 kilometer selama maksimal tiga hari. Para peserta dapat bersepeda dimanapun dan kapanpun yang nantinya akan dipantau hasilnya menggunakan aplikasi digital bernama Relive atau Strava.

"Para peserta akan mengirimkan melalui aplikasi rute yang dia lalui. Mereka peserta bersepeda masing-masing. Perorangan-perorangan, perkelompok-perkelompok. Mereka tidak saling ketemu, dan kita hanya melihat data dari aplikasi yang kita sudah ditetapkan dan dikirim ke kita, nanti kita lihat," ujarnya.

Dia menuturkan, saat tim panitia memberikan laporan kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ihwal lomba tersebut, ada salah satu peserta perorangan yang sudah melebihi batasan jarak lomba yang ditentukan. Perserta yang tidak disebutkan namanya tersebut sudah mengayuh sepedanya sejauh 80 kilometer.

"Tadi juga sudah ada yang disampaikan kepada Panglima TNI bahwa ada peserta perorangan dia melalui rute sampai 80 kilometer dalam satu hari. Dimana saat dia berhenti, dia kirim foto dan itu keliatan," ucapnya

Dia meminta agar di tengah pandemi ini, ragam kreativitas dibutuhkan untuk bisa menciptakan ide-ide yang menarik, terkhusus olahraga yang membuat tubuh lebih sehat. Harapannya, lomba sepeda virtual ini juga dapat dijadikan contoh oleh pihak lain yang hendak membuat lomba olahraga.

"Dengan kegiatan ini kami ingin mengajak kepada masyarakat untuk terus berolahraga. Di antaranya olahraga bersepda, dengan bersepda secara virtual kita kan bisa berlomba namun tidak saling ketemu. Artinya kita mengutaman protokol kesehatan di era pandemi ini. Mungkin lomba-lomba seperti ini dapat dicontoh oleh stekholder bangsa lainnya," ujarnya.

Untuk diketahui, lomba ini memperebutkan hadiah puluhan sepeda dan hadiah menarik lainnya sebanyak 75. Angka 75 dipilih sebagai simbol 75 Tahun pengabdian TNI kepada bangsa dan negara dalam menjaga keutuhan NKRI.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini