Tower 8 RSD Wisma Atlet Diharapkan Bisa Beroperasi Besok

Riezky Maulana, iNews · Sabtu 26 September 2020 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 337 2284301 tower-8-rsd-wisma-atlet-diharapkan-bisa-beroperasi-besok-Ca8o20Er81.jpg RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Selain Tower 4 dan 5 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet yang diperuntukan bagi pasien terkonfirmasi positif dengan status orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Pemerintah telah menyiapkan tower tambahan.

Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) Kodam Jaya selaku Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Brigjen TNI M Saleh menuturkan, tower tambahan tersebut yaitu Tower 8 dan mulai dapat beroperasi besok hari, Minggu 27 September 2020 sore.

"Kami siapkan Tower 8 untuk isolasi mandiri sebagai pengembangan dari kapasitas RSD Wisma Atlet. Kita berharap besok sore sudah bisa dioperasionalkan dan prioritas penanganan flat 8 ini untuk pasien tanpa gejala," ucapnya dalam konferensi pers yang ditayangkan secara daring, Sabtu (26/9/2020).

Baca Juga:  RSD Wisma Atlet Pindahkan 34 Unit Tempat Tidur ICU ke RS UI

Kemudian, Tower 8 juga dikhususkan untuk para Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari luar negeri. Termasuk di dalamnya para Pekerja Migran Indonesia (PMI). "Kemudian, pertama kita titik beratkan kepada warga negara yang baru pulang dari luar negeri, PMI," tuturnya.

Selain itu, aparat TNI-Polri dan Satpol PP yang bertugas di lapangan melakukan operasi penegakan disiplin bilamana terpapar Covid-19, kata Saleh, juga akan ditempatkan di Tower 8. Dia memastikan pihaknya bekerja dengan penuh kesiapan dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada.

"Kita juga siapkan tempat untuk para petugas di lapangan yang saat ini sedang melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan seperti anggota TNI-Polri dan Satpol apabila ada yang terpapar, kita akan tempatkan mereka di Tower 8," katanya.

Saleh menjelaskan, Tower 8 memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak 1.538. Di lantai satu Tower 8, akan dipetuntukan sebagai tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD). "Tempat tidur sejumlah 1.538 ini sudah siap. Kemudian, ya untuk lantai 1 yang difungsikan sebagai IGD, sore ini sedang dalam proses penyelesaian," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini