Tower 8 Wisma Atlet Akan Dibuka untuk Pasien Covid-19 Kategori OTG dan Sakit Ringan

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 26 September 2020 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 337 2284042 tower-8-wisma-atlet-akan-dibuka-untuk-pasien-covid-19-kategori-otg-dan-sakit-ringan-S3aux2AfAn.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 akan membuka Tower 8 Wisma Atlet Kemayoran, sebagai flat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terinfeksi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk pasien yang tidak memiliki tempat isolasi yang layak sesuai protokol kesehatan.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengungkapkan bahwa, Tower 8 tersebut akan ditujukan bagi penderita Covid-19 kategori orang tanpa gejala (OTG) dan ringan, seperti tower 4 dan 5 yang sebelumnya telah dibuka sepekan lalu.

“Sedang kami siapkan lagi untuk menerima pasien OTG,” kata Doni dalam keterangannya yang diterima Okezone, Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Menurut Doni, langkah tersebut sekaligus mendukung upaya Tracing, Testing, Treatment untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Di sisi lain, hal itu juga sebagaimana yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo setelah ditemukan sebanyak tujuh persen kasus baru masyarakat yang terinfeksi virus adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah.

"Artinya, klaster keluarga juga harus diantisipasi dan menjadi perhatian bersama, terutama bagi perawatan anggota keluarga yang tidak memiliki tempat isolasi sesuai standar protokol kesehatan," ujar Doni.

Sekadar diketahui, untuk pembukaan Tower 8 akan memiliki kapasitas sebanyak 1.548 tempat tidur untuk isolasi mandiri.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini