Soal Potensi Gempa & Tsunami 20 Meter, BMKG: Tak Perlu Panik Berlebihan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 25 September 2020 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 337 2283838 soal-potensi-gempa-tsunami-20-meter-bmkg-tak-perlu-panik-berlebihan-oN2vqlApDs.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kepala Pusat Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengimbau masyarakat tak perlu panik ihwal potensi gempa disertai gelombang tsunami 20 meter di Selatan Pulau Jawa.

“Tentunya tidak perlu direspons dengan panik dan berlebihan,” ujar Rahmat kepada Okezone di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Diketahui, Peneliti dari Institut Tekonologi Bandung (ITB), Profesor Sri Widiyantoro menyebutkan kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.

Baca Juga:  Riset ITB: Gempa Besar dan Tsunami 20 Meter Berpotensi Terjadi di Selatan Pulau Jawa

Rahmat menekankan, bahwa ancaman gelombang tsunami tidak hanya di Selatan Jawa saja. Namun, hampir di seluruh daerah yang memiliki pertemuan lempang tektonik memiliki potensi.

“Potensi tsunami bisa terjadi dan tidak hanya di Selatan Jawa,” tegasnya.

Lebih lanjut, menurut Rahmat masyarakat harus bijak dan mengambil hikmah agar lebih waspada dari riset adanya gelombang tsunami yang dilakukan oleh Peneliti dari Institut Tekonologi Bandung (ITB), Profesor Sri Widiyantoro.

“Dalam hal ini katakanlah ada profesor meriset, artinya kita diingatkan dan ambil hikmahnya saja bahwa ada ancaman disana,” tukasnya.

Baca Juga: Gempa Besar dan Tsunami 20 Meter, BMKG: Berpotensi Hampir di Seluruh Indonesia

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini