Istri Ruslan Buton Meninggal Dunia

Irfan Ma'ruf, iNews · Jum'at 25 September 2020 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 337 2283674 istri-ruslan-buton-meninggal-dunia-jGOIVl6CJC.jpg Foto: iNews

JAKARTA - Istri terdakwa Ruslan Buton, Erna Yudhiana (44) meninggal dunia, Jumat (25/9/2020) hari ini. Atas meninggalnya istri, Ruslan meminta izin agar dapat melayat.

(Baca juga: Ruslan Buton Terancam 8 Tahun Penjara Gegara Surat Terbuka untuk Jokowi)

Ruslan Buton sendiri ditangkap setelah surat terbuka yang meminta Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia viral di media sosial (medsos).

Kabar duka tersebut dibagikan oleh kuasa hukum Ruslan, Tonin Tachta Singarimbun melalui pesan singkat. Istri Ruslan meninggal karena penyakit yang diderita di kota Bandung, Jawa Barat.

"Telah berpulang kerahmatulah Ny Erna adalah istri Ruslan Buton pada hari Jumat tadi pagi tanggal 25 September 2020 di Bandung karena sakit," kata Tonin melalui pesan singkat.

Tonin saat ini sedang mengurus izin agar Ruslan Buton bisa melayat. Diketahui, Ruslan masih mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri.

"Jenazah akan dikebumikan di Bandung, saat ini lagi diurus penetapan dan izin dari Hakim dan JPU," sambungnya.

Sebelumnya, istri Ruslan Buton, Erna Yudhiana pernah mendaftarkan gugatan praperadilan jilid II atas penetapan tersangka terhadap suaminya. Erna mengajukan gugatan dengan kondisi berada di atas kursi roda.

Gugatan diajukan oleh istri Ruslan, Erna Yudhiana (44), dengan nomor perkara 74/Pid.pra/2020/PN.Jkt.Sel. Kemudian anak Ruslan, Sultan Nur Alam San Regga nomor 75/Pid.pra/2020/PN.Jkt.Sel.

Namun gugatan praperadilan tersebut ditolak majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 21Juli 2020 lalu. Dalam hal ini, gugatan praperadilan tersebut ditolak lantaran penetapan status tersangka terhadap Ruslan sudah sah.

"Mengadili menolak ekspesi pemohon menolak keberatan termohon 2 dalam pokok perkara. Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya, membebankan biaya perkara ke pemohon," kata hakim Akhmad Suhel di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini