Nama Jaksa Agung dan Mantan Ketua MA Dicatut Pinangki, Ini Reaksi Kejagung

Irfan Ma'ruf, iNews · Kamis 24 September 2020 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 337 2283065 nama-jaksa-agung-dan-mantan-ketua-ma-dicatut-pinangki-ini-reaksi-kejagung-WEaOl2Lgd0.jpg Foto: Sindonews

JAKARTA - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Ali Mukartono angkat bicara terkait nama Jaksa Agung ST Burhanuddin dan mantan Ketua Hakim Mahkamah Agung Hatta Ali yang dicatut oleh Jaksa Pinangki Sirna Malasari dalam action plan.

Namun Ali mengklaim action plan yang diajukan Jaksa Pinangki tak dijalankan.

(Baca juga: Dalam Action Plan Djoko Tjandra Terungkap Nama Burhanudin dan Hatta Ali)

"Betul pak nama besar sudah disebutkan dalam surat dakwaan di sana disebutkan bahwa inisial BR adalah pak Burhanudin itu adalah pak Jaksa Agung saya," ujar Ali di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Menurut Ali, atasannya tersebut tak menghalangi setiap penyidikan dalam kasus tersebut. Burhanudin juga tak menghalangi jika namanya disebutkan dalam pembacaan dakwaan.

"Pak Jaksa Agung tidak pernah menghalang-halangi untuk menyebutkan nama itu. Kemudian Hatta disebut mereka itu, adalah eks ketua MA Hatta Ahli," jelas Ali.

(Baca juga: Jaksa Pinangki Didakwa Terima Uang 500 Ribu Dolar dari Djoko Tjandra)

Dia memastikan, bahwa meski dua nama pejabat tinggi negara tersebut telah dicatut dalam action plan yang dibuat Pinangki saat menghadap Djoko Tjandra, namun action plan tersebut tidak dilakukan Jaksa Pinangki.

"Dalam action plan ini tidak dijalankan Jaksa Pinangki, oleh karenanya rencana mengajukan fatwa di bulan Desember diputus syaratnya oleh Djoko Tjandra nanti kita tunggu perkembangnya di sidang," tutup Ali.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini