Presiden Jokowi Minta Jajarannya Kawal Beragam Bansos Warga Desa

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 24 September 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 337 2282958 presiden-jokowi-minta-jajarannya-kawal-beragam-bansos-warga-desa-iOw6hsHspt.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) serius memperkuat perekonomian desa yang terdampak pandemi Covid-19. Ia meminta jajarannya memastikan penyaluran berbagai bantuan sosial (bansos) tepat sasaran.

"Dalam jangka pendek semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial seperti PKH, Bansos tunai, BLT Desa betul-betul harus kita pastikan tepat sasaran dan berjalan efektif," ujar Jokowi dalam rapat terbatas "Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa" secara virtual, Kamis (24/9/2020).

Jokowi menegaskan, bansos tersebut harus benar-benar diterima oleh masyarakat yang membutuhkan. Jangan sampai bansos ini tidak tepat sasaran sehingga gagal mengungkit perekonomian warga desa.

Presiden Jokowi.

"Dan pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak Covid dan yang sangat membutuhkan. Begitu juga dengan pelaksanaan Padat Karya tunai, yang ada di desa ini betul-betul harus dikawal, sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari kerja atau pun yang berasal dari keluarga yang tidak mampu di desa," tuturnya.

Baca: Presiden Jokowi: PBB Bukan Sekadar Gedung di Kota New York

Jokowi juga ingin Pemerintah mengintegrasikan gerak langkahnya dalam mengembangkan ekonomi desa. Ia tidak ingin jajarannya bergerak sendiri-sendiri sehingga hasil kerjanya tidak terlihat.

"Saya minta ke semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas, tidak terintegrasi tidak terpadu sehingga outcomenya, hasilnya tidak terlihat. ini harus terintegrasi betul," ucapnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Ikhtiar Lahir Batin Hadapi Covid-19 

(qlh)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini