Presiden Jokowi Melihat Fenomena Ruralisasi saat Pandemi, Apa Itu?

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 24 September 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 337 2282946 presiden-jokowi-melihat-fenomena-ruralisasi-saat-pandemi-apa-itu-rVb2T8VRNx.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melihat pandemi corona telah menyebabkan arus balik masyarakat dari kota ke desa. Fenomena ini disebut ruralisasi.

(Baca juga: Berita Baik! Pasien Sembuh Covid-19 di Wisma Atlet Capai 14.535 Orang)

Selain krisis kesehatan, pandemi corona juga telah menyebabkan krisis ekonomi yang berdampak luas. Para pendatang di kota yang terdampak ekonominya terpaksa kembali ke desa untuk bertahan hidup.

"Kita tahu bahwa pandemi menghantam bukan hanya seluruh lapisan masyarakat di perkotaan tetapi juga di pedesaan dan ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga, menjadi buffer karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa," ucapnya dalam rapat terbatas "Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa" secara virtual, Kamis (24/9/2020).

Jokowi ingin pandemi corona dilihat sebagai momentum untuk menginstal ulang perekonomian desa. Perekonomian desa harus direformasi agar kehidupan warga lebih sejahtera.

Sejurus dengan itu, Jokowi juga ingin pemerintah mengintegrasikan gerak langkahnya dalam mengembangkan ekonomi desa. Ia tidak ingin jajarannya bergerak sendiri-sendiri sehingga hasil kerjanya tidak terlihat.

"Saya minta ke semua kementerian jangan membuat program sendiri-sendiri yang lepas-lepas, tidak terintegrasi tidak terpadu sehingga outcomenya, hasilnya tidak terlihat. ini harus terintegrasi betul," pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini