Hasil Kejiwaan Penusuk Syekh Ali Jaber Akan Diputuskan oleh Hakim

Puteranegara Batubara, Okezone · Selasa 22 September 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 337 2281714 hasil-kejiwaan-penusuk-syekh-ali-jaber-akan-diputuskan-oleh-hakim-UG9arvqs9y.jpg Foto: Tangkap layar video penusukan Syekh Ali Jaber

JAKARTA - Polisi menyerahkan kepada Majelis Hakim untuk memutuskan kejiwaan dari Alvin Andiran (AA) yang merupakan tersangka kasus penusukan terhadap Syekh Ali Jaber.

Dalam kasus ini sempat muncul isu bahwa penusuk Syekh Ali Jaber mengalami gangguan kejiwaan. Alvin pun menjalani sejumlah pemeriksaan terkait dengan kondisinya tersebut.

Namun kebenaran informasi itu hingga kini belum dapat dipastikan apakah yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan atau tidak. Sebab itu, hal tersebut akan diputuskan nantinya oleh Hakim dalam proses meja hijau.

"Hasil Visum Kejiwaan TSK AA sifatnya sebahai pelengkap berkas perkara yang akan diputuskan Majelis Hakim UU KUHP Pasal 44 (2)," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Adapun bunyi Pasal 44 ayat (1) KUHP yakni,

“Tiada dapat dipidana barangsiapa mengerjakan suatu perbuatan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya, sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal.”

Baca Juga: Polisi Limpahkan Berkas Kasus Penusukan Syekh Ali Jaber ke Kejari

Ayat (2), "Jika nyata perbuatan itu tidak dapat dipertanggungjawabkan kepadanya sebab kurang sempurna akalnya atau sakit berubah akal, maka dapatlah Hakim memerintahkan memasukkan dia ke rumah sakit jiwa selama-lamanya satu tahun untuk diperiksa.”

Penyidik Polresta Bandar Lampung melakukan pelimpahan tahap pertama berkas penyidik kasus penusukan terhadap Ulama Syekh Ali Jaber ke Kejaksaan Negeri (Kejari).

Sebagaimana diketahui, Syekh Ali Jaber ditusuk oleh Alvin saat menghadiri acara kajian di Bandar Lampung. Akibat serangan itu ia mengalami luka dibagian bahu kanan.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini