Menteri Agama Positif Covid-19, Kantor Kemenag Disemprot Disinfektan

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 22 September 2020 07:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 337 2281590 menteri-agama-positif-covid-19-kantor-kemenag-disemprot-disinfektan-2U8m4wkLS5.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) akan disemprot disinfektan guna melakukam sterilisasi setelah Menag Fachrul Razi terpapar Covid-19.

Jubir Kemenag Oman Fathurrahman membenarkan hal tersebut. Saat ini, akses Kantor Kemenag telah dibatasi dan para pegawai telah melakukan work from home atau kerja dari rumah.

"Ya (disemprot disinfektan)," kata Oman saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (22/9/2020).

Pergub Nomor 88 Tahun 2020, pada pasal 9 ayat (2) huruf f, berbunyi, 'Pimpinan tempat kerja/kantor yang melakukan pembatasan sementara aktivitas bekerja di tempat kerja wajib melakukan penghentian sementara aktivitas di tempat kerja/kantor paling sedikit 3 x 24 jam apabila ditemukan pekerja yang terpapar Corona Virus Disease (COVID-19).'

Selama penghentian aktivitas itu, pengelola gedung akan melaksanakan disinfeksi dan tracing kontak erat dari pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya, Oman Fathurrahman mengatakan bahwa saat ini telah dilakukan pembatasan akses masuk kantor bagi pegawai Kemenag.

"Kementerian Agama sejak beberapa pekan terakhir melakukan pembatasan akses masuk kantor. Hari dan jam kerja pegawai juga dibatasi, sebagain besar melakukan kerja dari rumah atau work from home/WFH," ujarnya kemarin.

Baca Juga: Positif Covid-19, Menag Fachrul Razi Isolasi di Rumah Sakit

"Sehubungan kondisi Menag saat ini, mekanisme masuk kantor Kemenag akan semakin diperketat. Sebulan terakhir sudah dilakukan pengetatan protokol kesehatan dan jadwal masuk kantor. Ke depan, akan ditingkatkan. Ada pembatasan akses, tapi tidak tutup total," lanjutnya.

Menurut Oman, layanan di Kemenag pusat akan dioptimalkan melalui sistem dalam jaringan atau daring. Pegawai yang masuk ke kantor didasarkan pada penugasan. "Jika tidak ada penugasan, kerja dari rumah," tuturnya.

Oman menambahkan, Menag Fachrul Razi sementara ini akan fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan di rumah sakit. Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag sudah mengkoordinasikan dan sekaligus mendelegasikannya kepada Wakil Menteri Agama, serta memberi arahan kepada para pejabat terkait.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini