Ini Mekanisme OTG yang Hendak Isolasi Mandiri di Tower 4 RSD Wisma Atlet

Riezky Maulana, iNews · Senin 21 September 2020 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 337 2281259 ini-mekanisme-otg-yang-hendak-isolasi-mandiri-di-tower-4-rsd-wisma-atlet-bA1kqQgGDO.jpg RSD Wisma Atlet. (Foto : BNPB)

JAKARTA – Tower 4 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, telah resmi beroperasi sejak Senin (21/9/2020) pagi. Sama seperti Tower 5, Tower 4 diperuntukkan sebagai tempat isolasi mandiri bagi para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kategori berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI sekaligus Koordinator RSD Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen TNI Tugas Ratmono, menjelaskan mekanisme agar masyarakat dapat mendapatkan pelayanan di Tower 4. Pertama, pasien harus dinyatakan positif Covid-19 melalui metode pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR)

"Ini yang masuk ke Tower 4 sebagai tempat isolasi mandiri mereka yang sudah melalui testing ya. Semua yang testing terkonfirmasi positif dengan PCR test," kata Tugas dalam diskusi daring yang digelar BNPB, Senin (21/9/2020).

Selain itu, masyarakat perlu mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu ke Puskesmas atau rumah sakit sesuai domisilinya masing-masing. Menurutnya, pengecekan diperlukan guna mendapat rekomendasi dari pihak puskesmas atau rumah sakit agar dapat menjalani isolasi mandiri.

"Kemudian mereka dicek dulu sebelum masuk, di puskesmas atau fasilitas kesehatan di rumah sakit. Dari sana ada rekomendasi bahwa mereka tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah," tuturnya.

Dia berharap, mekanisme yang diterapkan dapat dipahami dan diterapkan masyarakat. Menurutnya, hal itu hanya untuk membuat semuanya lebih teratur dan lebih tertib saja.

Baca Juga : RSD Wisma Atlet Kini Bisa Tampung 8.146 Pasien Positif Covid-19

"Ini mekanisme yang masyarakat harus pahami dan kerjakan supaya bisa lebih tertib dan teratur," ujarnya.

Baca Juga : Pasien Terkonfirmasi Positif Corona yang Dirawat di RSD Wisma Atlet Capai 3.852 Orang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini