RSD Wisma Atlet Resmi Operasikan Tower 4 untuk Tampung Pasien OTG Covid-19

Riezky Maulana, iNews · Senin 21 September 2020 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 337 2281156 rsd-wisma-atlet-resmi-operasikan-tower-4-bisa-tampung-1-546-pasien-covid-19-883pXiD0ra.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAKARTA - Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat sejak hari ini, Senin (21/9/2020) pagi telah mengoperasikan Tower 4.

Tower 4 dikhususkan bagi mereka para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG) melaksanakan isolasi mandiri.

Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI Mayjen TNI Tugas Rasmoyo menuturkan, pengoperasian Tower 4 dikarenakan kapasitas daripada Tower 5 sudah mencapai 90 persen. Tower 4 pun berkapasitas 1.546 tempat tidur.

"Saat ini memang hunian Tower 5 sudah 90 persen. Nah dengan demikian kita siapkan lagi satu tower, tower 4 untuk isolasi mandiri dan saat ini kita siapkan 1.546 bed," kata Tugas dalam diskusi bertajuk "Update RS Darurat dan dibukanya Tower 4 Flat Isolasi Mandiri Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin pagi.

Tower 4 dikatakan Tugas pada pagi hari ini telah mukai menampung para pasien dengan status OTG.Menurutnya, sebelum mulai beroperasi, Tower 4 sudah melalui beberapa tahap peninjauan dan uji kelayakan dari pihak-pihak terkait.

"Tadi malam kami cek terakhir juga sudah siap semua sistem dan SDM yang akan memberikan pelayanan, mereka siap. Maka tadi pagi sudah mulai masuk untuk pasien-pasien yang tanpa gejala di Tower 4 ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk saat ini dalam satu kamar yang ada di Tower 4 diisi oleh dua pasien. Para pasien pun dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, untuk pasien perempuan dan pasien laki-laki tidak bisa menjadi satu kamar, terkecali keluarga

"Saat ini kami siapkan satu kamar itu untuk berdua. Sama seperi di Tower 5 contohnya, itu ada 32 lantai di sana, dan ada kita pisahkan bagian lantai untuk wanita dan pria, dan tentunya satu kamar itu satu jenis. Kalau keluarga kita ada tiga bed di sana, jadi satu keluarga bisa," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini