Unik! Ada Telur di Dalam Telur, Ayamnya Diduga Mengidap Kelainan

Asep Juhariyono, iNews · Senin 21 September 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 337 2281094 unik-ada-telur-di-dalam-telur-ayamnya-diduga-mengidap-kelainan-ATP9ACK2Ys.jpg Telur dalam telur. Foto: Asep Juharyono-dok.Ade Yogi

TASIKMALAYA - Pada umumnya satu butir telur ayam isinya satu kuning telur dan satu putih telur. Namun di Tasikmalaya, Jawa Barat, terdapat telur yang sangat unik.

Bagaimana tidak, seekor ayam peternak milik Ade Yogi di Kampung Kudang, Desa Banyuasin, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, mengeluarkan telur raksasa. Di dalam telur raksasa tersebut ada telur lagi.

"Di dalam telur ini ada telur lagi, (red. dilihat dari yang sudah pernah dimasak," ujar Ade pada Senin (21/9/2020).

Ade melanjutkan, ia hanya punya seekor ayam yang memiliki telur unik. Bobot ayam itu memang besar yakni dengan berat di atas rata-rata ayam peternak lainnya. "Jenis ayamnya sama, bobotnya agak besar, paling 2 Kg 1 ons," tuturnya.

Ade menduga ayamnya itu mengidap kelainan, apalagi sudah sebulan mengeluarkan telur raksasa. "Ini sudah hampir sebulan dapat telur begini. Cuma ga bertelur tiap hari begini. Dua atau tiga hari pasti bertelur begini (telur raksasa)," jelasnya.

Pada umumnya telur ayam berbobot sekitar 60 gram, namun ayamnya mengeluarkan telur yang beratnya lebih dari 3 kali berat normal, mencapai 180 gram hingga 190 gram.

Lebih lanjut, jika sudah mengeluarkan telur berukuran besar, keesokan harinya ayam itu bertelur normal. Tiga hari selanjutnya ayam tersebut mengeluarkan telur berkuran besar kembali.

Ade Yogi menambahkan, meski telur berukuran besar tersebut istimewa, dirinya tetap akan menjualnya karena sudah ada yang datang menawar dan siap menampungnya.

Hingga saat ini sudah ada empat telur yang berukuran besar, dan dua di antaranya sudah dipecahkan dan direbus.

Baca Juga: Unik! Ayam Keluarkan Telur Raksasa, Keluar 1 Kali dalam 3 Hari

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini