Doni Monardo: Pilkada Penting, tapi Ingat Ada Risiko Jika Tak Patuh Protokol Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 18 September 2020 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 337 2280191 doni-monardo-pilkada-penting-tapi-ingat-ada-risiko-jika-tak-patuh-protokol-covid-19-2xws0YnuUI.jpg Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo. (Foto : BNPB)

JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan adanya sejumlah penyelenggara Pilkada 2020 dinyatakan positif Covid-19, salah satunya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman.

“Kita sudah mendapat sejumlah laporan terkait dengan penyelenggara Pilkada yang positif. Sejauh ini mereka yang sudah memberikan informasi positif Covid sedang melakukan perawatan isolasi mandiri, sementara tanpa gejala,” ucap Doni, Jumat (18/9/2020).

Doni mengatakan jika kondisi memburuk maka harus dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19. “Kalau seandainya nanti ada perkembangan seperti perubahan panas tubuh meningkat kemudian penciumannya sudah mulai tidak dirasakan lagi tentu ini hal yang harus kita lakukan untuk dirawat di rumah sakit Covid (yang-red) ditunjuk Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Doni menyebutkan proses tahapan Pilkada sejauh ini berjalan dengan baik, meski terjadi kerumunan saat pendaftaran bakal calon peserta Pilkada.

“Sejauh ini masih dalam batas-batas pengendalian. Walaupun pada tanggal 4 dan tanggal 6 kita lihat banyak sekali kerumunan yang dilakukan calon peserta Pilkada,” katanya.

“Tetapi dengan sejumlah peringatan yang telah diberikan oleh Bapak Menkopolhukam, Bapak Mendagri dan sejumlah pejabat lainnya termasuk mengimbau pimpinan di daerah untuk bisa bekerja sama,” tuturnya.

Doni menegaskan, kegiatan Pilkada saat ini penting, tapi ia mengingatkan bahwa ada risiko jika tidak patuh protokol kesehatan.

“Karena bagaimanapun juga masalah keselamatan, masalah kesehatan ini sekarang adalah hal yang menjadi prioritas. Oleh karenanya kegiatan Pilkada itu penting, tetapi juga diingat bahwa ada risiko yang tentunya kita dapatkan manakala kita tidak patuh,” katanya.

Baca Juga : Ketua KPU Arief Budiman Positif Virus Corona

“Selama semuanya mengikuti dan menaati ketentuan yang ada, tidak adanya kerumunan maka potensi terjadinya penularan akan berkurang. Itu yang kita harapkan kerjasama dengan semua pihak baik di pusat maupun di daerah,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini