OTG Harus Kantongi Surat Rujukan Jika Ingin Karantina di Wisma Atlet

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 18 September 2020 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 337 2279699 otg-harus-kantongi-surat-rujukan-jika-ingin-karantina-di-wisma-atlet-Sxpm7Eotzo.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, warga yang terkonfirmasi positif corona namun tanpa gejala (OTG), harus menyertakan surat rujukan atau pengantar dari puskesmas atau rumah sakit jika ingin karantina di Wisma Atlet Kemayoran.

"Dengan surat pengantar dari puskesmas," kata Wiku saat dikonfirmasi, Jumat (18/9/2020).

Hal senada juga diungkapkan Kepala Penerangan Kogabwilhan I, Kolonel Marinir Aris Mudian. Aris menjelaskan prosedur Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ingin karantina di Wisma Atlet harus dilengkapi dengan surat pengantar dari puskesmas atau rumah sakit.

"Ya kan harus ada surat pengantar dari puskesmas atau rumah sakit yang merujuk. Nanti baru dibawa ke Wisma Atlet," kata Aris dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga : Langkah Pemerintah Jika RS Wisma Atlet Tak Cukup Tampung Pasien Covid-19

Saat ini, Pemprov DKI Jakarta sudah tidak lagi mengizinkan orang yang positif corona melakukan isolasi mandiri. Oleh karenanya, pemerintah sudah menyiapkan flat isolasi mandiri di rumah sakit darurat Covid-19 Wisma Atlit Kemayoran, yaitu tower 4 dan 5 yang kapasitasnya cukup besar.

"Pada fasilitas yang dimaksud jumlah tempat tidurnya ada 3.116 unit, pada saat ini pasiennya ada 867 orang, sehingga tempat tidur kosong sebanyak 2.149 unit," ucap Prof Wiku.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini