Kemendagri Sebut Semua Provinsi Sudah Susun Perkada Disiplin Protokol Covid-19

Riezky Maulana, iNews · Kamis 17 September 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279615 kemendagri-sebut-semua-provinsi-sudah-susun-perkada-disiplin-protokol-covid-19-cZAFQUgzDY.jpg Ilustrasi masyarakat memakai masker bentuk dari mematuhi protokol Covid-19 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Imran, menyebut sebanyak 34 Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah menyusun Peraturan Kepala Daerah (Perkada) terkait dengan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19. Jika dipersentasikan, maka jumlahnya mencapai 100 persen.

"Perkembangan data saat ini sudah 34 daerah provinsi yang telah menyusun Peraturan Kepala Daerah terkait penegakan hukum protokol kesehatan di daerah. 100 persen," tuturnya dalam webinar bertajuk "Memaskerkan Indonesia", Kamis (17/9/2020).

Baca Juga:  Ketua KPU: Tidak Semua Wilayah Indonesia Terkoneksi Internet

Sementara itu, di tingkat kabupaten/kota, masih ada 55 daerah yang belum menyusun Perkada terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19. Angka ini merupakan pemutakhiran data yang dilakukan Kemendagri pada Rabu 16 September 2020 pukul 16.00 WIB.

"Kemudian, 413 daerah telah selesai menyusun peraturan kepala daerahnya dan ada 46 daerah yang sedang berproses. Serta 55 daerah saat ini belum menyusun peraturan kepala daerah," katanya.

Dia menuturkan, ada peningkatan yang signifikan daripada para pemerintah daerah untuk cepat menuntaskan pembuatan Perkada. Imran pun mengkomparasikan data yang ada di tanggal 23 Agustus dengan 16 September 2020, di mana pada 23 Agustus, baru 15 Pemprov yang menyelesaikannya.

"Kita melihat progressnya, dari tanggal 23 Agustus yang lalu, dengan sekarang sangat jauh berbeda. Tanggal 23 Agustus baru 15 provinsi yang menyusun Perkadanya, tetapi di tanggal September kemarin sudah ada 34 provinsi yang telah menyusun Perkada," tuturnya.

Masih perbandingan di tanggal yang sama, para Pemerintah Kabupaten/Kota yang sudah menyusun Perkada baru berjumlah 73 daerah. Pada saat itu, 441 daerah belum merampungkan tugasnya. "Namun, saat ini telah ada 413 kabupaten yang telah menyusun perkada terkait dengan penegakkan disiplin protokol kesehatan Covid-19," ujarnya

Baca Juga:  5 Daerah Jadi Prioritas Program Akomodasi Hotel Isolasi Covid-19

Dia menuturkan, hampir di seluruh Kabupaten Kota dan Provinsi telah melakukan penegakan disiplin terkait protokol kesehatan dan penegakan hukum, dilakukan secara berkelanjutan dengan kolaborasi banyak pihak, mulai dari Satpol-PP hingga TNI-Polri. Dengan adanya hal tersenut, diharapkan Covid-19 dapat lebih teratasi penyebarannya.

"Mudah-mudahan dengan penegakan yang sinergi ini, penyebaran Covid-19 dapat diatasi dengan baik dan angka pasien atau yang terinfeksi dari hari ke hari semakin turun. Seperti amanat Presiden bahwa bulan September ini sudah harus ada tanda-tanda penurunan atau melandainya masyarakat yang terinfeksi," ucapnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini