Satgas Covid-19: Tak Ada Lagi Zona Kuning-Hijau di Jakarta

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 17 September 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279515 satgas-covid-19-tak-ada-lagi-zona-kuning-hijau-di-jakarta-nzUYMjRxi4.jfif Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (BNPB)

JAKARTA – Satgas Penanganan Covid-19 menyebut Provinsi DKI Jakarta meraih peringkat pertama jumlah kasus positif corona di Indonesia. Bahkan di Ibu Kota sudah tidak ada lagi kota yang masuk zona kuning dan hijau.

"DKI adalah peringkat kedua nasional kenaikan kasus tertinggi. Merupakan peringkat pertama jumlah kasus tertinggi. Tidak ada kota berzona kuning atau hijau di DKI," ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Wiku menyebut kondisi Jakarta ini menjadi perhatian nasional. Ia berharap kinerja penanganan corona di Ibu Kota bisa diperbaiki.

"Ini jadi perhatian nasional agar kinerjanya bisa diperbaiki," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Wiku, sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat yang menjadi daerah penyangga DKI Jakarta juga menjadi penyumbang kasus tertinggi di Jabar sebesar 70 persen.

"Kabupaten/kota penyangga yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Depok adalah penyumbang kasus tertinggi di Jabar sebesar 70 persen," ucap Wiku.

Baca Juga : Satgas Akui Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Lampaui Rata-rata Dunia

"Lima daerah ini adalah daerah penyangga DKI yang berasal dari Jabar. Di Jabar, tidak ada kabupaten kota yang berzona hijau. Kenaikan kasus positif sebesar 9,3 persen selama seminggu terakhir ini. Ini adalah perlu menjadi perhatian agar betul-betul kondisi terutama daerah yang menempel di DKI Jakarta dapat diturunkan kasusnya agar perbaiki kinerja Provinsi Jabar," tuturnya.

Baca Juga : 11 Daerah Ini Miliki Kasus Aktif Covid-19 di Atas 1.000

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini