Kabareskrim Tak Pandang Bulu Usut Semua yang Terlibat Kebakaran Kejagung

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 17 September 2020 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279293 kabareskrim-tak-pandang-bulu-usut-semua-yang-terlibat-kebakaran-kejagung-5RZQA2WaTI.jpg Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: Erfan Ma'ruf)

JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit memastikan komitmennya dalam mengusut tuntas kasus kebakaran yang terjadi di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan. Listyo menyebut tidak akan ragu atau pandang bulu untuk mengusut siapa pun yang nantinya terbukti terlibat dalam kasus kebakaran di Gedung Kejagung.

"Kami sepakat sama-sama usut tuntas. Kami sudah komitmen sepakat untuk tidak ragu-ragu memproses siapa pun yang terlibat dan kita tanggung jawab ke publik saya harapkan tak ada polemik," kata Listyo dalam jumpa pers di Gedung Bareskrim Polri, Kamis (17/9/2020).

Komitmen untuk mengusut dan mengungkap pelaku pidana kebakaran Gedung itu, kata Listyo juga disepakati oleh pihak Kejagung. Mengingat, Bareskrim dan Kejagung membentuk posko bersama untuk mengusut perkara ini.

"Adapun kami (Bareskrim dan Kejagung) sudah sepakat gelar ini untuk tingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan dengan dugaan Pasal 187 KUHP dan atau 188 KUHP," tutur Listyo.

Baca Juga: Kebakaran Gedung Kejagung, Polri Periksa 131 Saksi dan Ahli 

Sementara itu, Jampidum Kejagung, Fadil Zumhana mendukung pihak Bareskrim Polri mengusut tuntas peristiwa kebakaran yang terjadi di markas Korps Adhyaksa tersebut.

"Pada prinsipnya pimpinan Kejagung dukung penuh pengungkapan kebakaran ini kami lakukan sama-sama sejak awal terbentuknya posko bersama, kami berusaha sungguh-sungguh untuk ungkap peristiwa ini sehingga kami sepakat untuk lebih detail untuk ungkap peristiwa pidana ini ke penyidikan, penyidikan untuk menemukan tersangka dan bukti terkait pidana," ujar Fadil.

Bareksrim dan Kejagung sendiri sepakat bahwa peristiwa itu terdapat dugaan pidana. Hal itu lantaran ditemukan adanya peristiwa pidana yang didapati dari olah TKP dan pemeriksaan saksi.

Dugaan peristiwa pidana itu juga didapati setelah penyidik melakukan pemeriksaan kepada 131 saksi yang saat ini sudah dilakukan pemeriksaan. Tak hanya itu, Bareskrim juga meminta keterangan ahli pidana dan ahli kebakaran.

Baca Juga: Kebakaran Kejagung Diduga Disengaja, Kabareskrim Ungkap Fakta Mencengangkan 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini