Kebutuhan Relawan Tenaga Kesehatan Covid-19 Meningkat

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 17 September 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279291 kebutuhan-relawan-tenaga-kesehatan-covid-19-meningkat-6svzIwqwcy.jpg RSD Wisma Atlet Kemayonan (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Koordinator Tim Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Andre Rahadian mengatakan kebutuhan relawan tenaga kesehatan saat ini semakin meningkat. Sehingga pihaknya terus melakukan perekrutan relawan khususnya untuk tenaga kesehatan.

Peningkatan kebutuhan tenaga kesehatan ini, kata Andre dikarenakan beberapa rumah sakit terutama di DKI Jakarta memperbesar fasilitas-fasilitas seperti menambah kapasitas ICU maupun ruang isolasi. Demikian juga RS Darurat Wisma Atlet yang membuka tower baru untuk isolasi pasien Covid-19.

“Hingga saat ini memang kita selalu melakukan perekrutan di 3-4 minggu terakhir ada permintaan karena beberapa sakit memperbesar kapasitas perawatan baik ICU maupun ruang isolasi, begitu juga pada saat Wisma Atlet ini membuka tower-tower baru ada kebutuhan dari perawat maupun dokter,” ungkapnya dalam diskusi “Update Perkembangan RS Darurat Covid-19 dan Kebutuhan Dokter Relawan” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Baca juga: TNI Tegaskan Kapasitas RSD Wisma Atlet Aman Menampung Pasien Covid-19 

Andre pun mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan perekrutan terutama para dokter yang sudah mempunyai Surat Tanda Registrasi (STR).

“Dan ini yang sedang kita rekrut, kita mencari dari dokter yang sudah mempunyai STR surat tanda registrasi. Maupun sekarang kita lagi mencoba sesuai informasi dari Pak Menkes (Terawan) juga ada dokter-dokter yang siap sebenarnya, dokter yang baru selesai internship,” tuturnya.

“Ya jadi tinggal melakukan medical check up, kita tanya kesedihan mereka, karena belum semuanya tentu bersedia juga. Karena jangka waktu tugas yang 30 hari plus 7 hari ini dan mereka tidak bisa ketemu keluarga, mereka harus ada di fasilitas rumah sakit tersebut selama periode ini,” ungkap Andre.

Baca juga: Begini Tata Cara Mendapatkan Rujukan ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Hal ini, kata Andre sebagai upaya agar fasilitas rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain tidak kekurangan tenaga kesehatan.

“Jadi ini yang kita tetap melakukan sosialisasi ke tenaga-tenaga kesehatan, agar rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lain tidak kekurangan, karena mereka sekarang banyak membuka fasilitas-fasilitas baru,” jelas Andre.

Andre mengatakan, pendaftaran relawan ini bisa ke banyak tempat baik ke asosiasi di Ikatan Dokter Indonesia juga di Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan.

“Juga ada program itu dan juga dari banyak asosiasi-asosiasi dokter yang lain. Jadi, kami tetap selalu membuka pendaftaran. Saat ini berdasarkan data cleansing yang kita punya ada sekitar 6 ribu yang terdaftar tenaga kesehatan jadi ada dokter, ada perawat, ada fasilitas, ada tenaga laboratorium dan farmasi," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini