TNI Tegaskan Kapasitas RSD Wisma Atlet Aman Menampung Pasien Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 17 September 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279247 tni-tegaskan-kapasitas-rsd-wisma-atlet-aman-menampung-pasien-covid-19-GmVEZUEnKu.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Semakin meningkatnya angka kasus positif Covid-19 terutama di DKI Jakarta, membuat sejumlah pihak khawatir terhadap kapasitas Rumah Sakit rujukan Covid-19 membludak pada 17 September, hari ini.

Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19, Mayor Jenderal TNI Tugas Ratmono menegaskan, bahwa RS Darurat Wisma Atlet yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan masih bisa menampung pasien Covid-19.

“Saat ini kira-kira ini kan tanggal 17 September ya, yang mungkin diperkirakan 17 September ini akan membuat suatu pelayanan rumah sakit dan seterusnya bisa sangat kewalahan. Tapi kami khususnya di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet ini, ini masih bisa menampung berapa pasien yang tentunya nih tempat-tempatnya keadaan terakhir saat ini masih aman untuk perawatan pasien maupun isolasi mandiri,” tegasnya dalam diskusi “Update Perkembangan RS Darurat Covid-19 dan Kebutuhan Dokter Relawan” di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

 Baca juga: 7 Klaster Covid-19 di Indonesia, dari Perkantoran hingga Rumah Makan

Tugas tidak memungkiri bahwa beberapa hari ini jumlah pasien Covid-19 yang masuk ke RS Darurat Wisma Atlet lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, saat ini RS Wisma Atlet masih bisa cukup untuk menampung pasien Covid-19.

“Kita lihat hunian hunian juga masih cukup untuk memberikan penampungan dari baik pasien yang tanpa gejala di tower 5 dan maupun pasien yang gejala ringan maupun yang sedang di tower 6 dan 7,” sambungnya.

“Jadi memang dibanding hari-hari sebelumnya, itu jumlah yang masuk ke perawatan atau tower 6 dan 7 dan kita siapkan. Dan 5 sebagai tempat untuk isolasi mandiri ini memang meningkat dibanding sebelumnya. Namun ketersediaan kamar kita masih masih cukup atau mencukupi,” tambah Tugas.

 Baca juga: Klaster Perkantoran Tinggi, Puan Minta Kantor Pemerintah Beri Contoh Disiplin Protokol Kesehatan

Tugas memastikan bahwa ketersediaan ruang di RS Wisma Atlet masih mencukupi. Dan saat ini juga sedang dipersiapkan tower 4 untuk digunakan isolasi maupun perawatan jika dibutuhkan.

“Dan saya kira, kita tidak perlu khawatir saat ini karena ketersediaan masih cukup,” tuturnya.

“Dan kami juga masih punya satu Tower lagi yang belum terisi ya. Nanti kalau memang dibutuhkan ini kita akan segera siapkan. Dan dalam persiapan saat ini Tower 4 namanya, di sana kalau kita lihat ini ada tower 5, 6, 7 dan tower 4. Dan tower 4 ini masih persiapan kalau memang nanti digunakan atau dibutuhkan untuk menampung pasien-pasien yang dikirim dari Puskesmas maupun rumah sakit-rumah sakit,” jelas Tugas.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini