Konser saat Kampanye Pilkada Jadi Sorotan, Bawaslu: KPU Masih Bisa Ubah PKPU

Felldy Utama, iNews · Kamis 17 September 2020 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279176 konser-saat-kampanye-pilkada-jadi-sorotan-bawaslu-kpu-masih-bisa-ubah-pkpu-QuwDcW1d5U.jpg Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Fritz Edward Siregar menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih bisa mengubah atau merevisi aturan yang memperbolehkan konser musik dalam tahapan kampanye Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19. Diketahui, aturan tersebut belakangan menjadi sorotan publik.

"KPU masih bisa melakukan perubahan PKPU Kampanye," kata Fritz saat dihubungi iNews.id, Kamis (17/9/2020).

Fritz mengatakan, meskipun KPU dan Bawaslu sepakat menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tahapan Pilkada 2020, kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa bisa dibatasi.

"Agar konser dan hal-hal yang melibatkan massa dapat dibatasi. Meskipun kita sepakat bahwa ada penerapan protokol kesehatan, kepatuhannya merupakan tantangan bersama," ujarnya.

Sebelumnya, Deputi 1 Bidang Sistem dan Strategi BNPB, Bernardus Wisnu Widjaja, menyoroti regulasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tengah Covid-19. Dia menilai masih terbuka peluang atau potensi terjadinya pelanggaran terhadap protokol kesehatan.

Salah satunya tentang Pasal 63 PKPU 10 Tahun 2020. Dalam pasal itu tertuang kegiatan lain yang tidak melanggar larangan kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang dapat dilaksanakan para peserta Pilkada 2020.

Baca Juga : Konser Musik di Pilkada Harus Izin Satgas Covid-19, Ini Kata KPU

"Masih dibolehkan adanya konser musik dan perlombaan (seperti) di Pasal 63. Ini mungkin juga harus diperhatikan karena ada (potensi) pengumpulan massa dan ada mungkin terjadi arak-arakan. Ini perlu diantisipasi," ujar Wisnu Wisnu dalam Webinar KPU tentang 'Evaluasi Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaran Pilkada 2020', Selasa (15/9/2020).

Baca Juga : Ketentuan Konser di Pilkada Perlu Dipertimbangkan Ulang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini