Begini Tata Cara Mendapatkan Rujukan ke RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 17 September 2020 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 337 2279086 begini-tata-cara-mendapatkan-rujukan-ke-rs-darurat-covid-19-wisma-atlet-6TFdmiA3qV.JPG Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pasien yang dinyatakan positif terpapar virus corona atau Covid-19 baik bergejala ringan hingga berat dan tanpa gejala bisa mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet.

Namun untuk pasien positif Covid-19 yang ingin mendapatkan rujukan di Wisma Atlet, terdapat sejumlah cara yang harus dipenuhi.

Seperti halnya pertama bagi pasien yang sudah dinyatakan positif bisa melakukan reservasi secara online melalui link

https://www.rsdarurat.com/app/e-reservasi-wsa/#/reservasi. Namun, pendaftaran itu harus melalui fasilitas kesehatan atau puskesmas di tempat dia tinggal.

Kemudian jika pasien sudah melakukan reservasi, hasil itu di bawa atau di print bersama surat rujukan dari Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan setempat beserta surat keterangan tidak mampu isolasi mandiri.

Pasien yang telah mendapat online reservasi dapat diantar oleh ambulans Puskesmas, ambulans AGD (119) atau pasien datang sendiri dengan membawa kelengkapan berkas.

Disisi lain, untuk pasien dengan gejala ringan dengan comorbid tunggal, usia dibawah 65 tahun, pasien bisa mandiri dirujuk ke Wisma Atlet oleh tim Puskesmas atau tim AGD 119.

Sementara, untuk pasien dengan gejala sedang hingga berat dan comorbid lebih dari satu di rujuk ke rumah sakit yang melayani pasien positif Covif-19 di rujuk oleh tim Puskesmas.

Selain itu bila saja pasien menghubungi ambulans milik relawan yang tersedia, yaitu

Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) tim Ambulance Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 BNPB.

Ambulans ini siap membantu masyarakat untuk evakuasi pasien Positif atau Suspek secara gratis dengan menghubungi call center 08125757644 atau 08170774600. Ambulans ini terdapat 15 armada dengan perawat memakai APD lengkap.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini